get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Komnas PA Beberkan 5 Tips Agar Anak Terhindar dari Pelecehan Seksual

Jum'at, 22 September 2023 | 17:11 WIB
header img
Komnas PA Beberkan 5 Tips Agar Anak Terhindar dari Pelecehan Seksual (Foto : istimewa)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Peran orangtua sangatlah penting dalam proses membelajaran anak, khususnya dalam menjaga serta menghindari dari tindak kekerasan maupun pelecehan terhadap anak.

Banyak hal yang dapat dilakukan oleh orangtua dalam mendidik anak agar terhindar dari tindakan kekerasan maupun pelecehan seksual, salah satunya memberikan edukasi kepada anak.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Komisioner Komnas Perlindungan Anak, Wawan Wartawan, ada 5 tips yang dapat dilakukan sebagai cara edukasi anak agar terhindar dari pelecehan seksual, yakni ;

1. Memperkenalkan Bagian Tubuh Sejak Dini 

Cara yang pertama untuk dilakukan orangtua adalah dengan memperkenalkan bagian tubuh pada anak sedari dini.

Namun, penting bagi orang tua untuk menggunakan kata-kata yang pantas dalam menyebut bagian tubuh anak. Hal ini bertujuan agar anak mengetahui artinya dengan benar, sehingga dapat membantu anak berbicara dengan jelas jika terjadi sesuatu yang tidak pantas.

"Hal ini bertujuan untuk mengajari anak apa arti dan fungsi sebenarnya dari bagian tubuh, terutama organ reproduksi yang dimiliki anak," kata Wawan, Jumat,(22/9/2023)

2. Beri Pemahaman Terkait Bagian Tubuh yang Bersifat Pribadi

Pengenalan ogran intim pada Anak juga perlu diberi penjelasan bahwa mereka memiliki bagian pribadi yang tak boleh dilihat apalagi disentuh semua orang. 

"Jelaskan bahwa orangtua dapat melihat anak telanjang saat mandi, tetapi orang lain hanya boleh melihat anak dengan pakaian mereka. Tapi, penyampaiannya juga bagaimana situasi tertentu seperti saat diperiksa dokter dengan pendampingan orangtua, mengharuskan anak untuk melepas pakaiannya," jelasnya

3. Ajarkan Anak untuk Bilang Tidak

Pelecehan seksual dapat terjadi di mana saja dan kapan saja, bahkan dalam lingkup keluarga besar. 

Oleh karena itu, orangtua perlu mengajarkan anak untuk bilang “tidak” pada sentuhan atau aktivitas yang tidak diinginkan pada anak. Tujuannya tentu untuk menghindari pelecehan seksual. 

"Sebagai contoh, ibu dapat mengajarkan anak untuk menjauh dan mengatakan “tidak” jika merasa tak nyaman saat digelitik atau dipeluk orang dewasa. Meskipun orang yang menyentuh anak adalah orang yang terlihat baik atau orang terdekat dari keluarga," ucapnya

4. Orang Tua Perlu Menanamkan Budaya Malu Pada Anak

Penting bagi orangtua untuk menanamkan budaya malu pada anak agar tidak sembarangan mengganti pakaian di tempat terbuka atau tempat umum. Selain itu, anak juga perlu diajari bahwa tidak ada orang yang boleh mengambil foto bagian pribadinya.

5. Membangun Komunikasi Yang Baik Dengan Anak

Komunikasi antara orangtua dan anak sangatlah penting. Sebab,  orangtua juga perlu membentuk komunikasi yang hangat dengan anak dan senantiasa mengawasi kegiatan anak di luar rumah. 

Hal ini bertujuan agar anak mempercayai orang tua dan lebih terbuka terhadap apa saja yang dilaluinya. Sebagai contoh, ibu dapat mengantar atau menjemput anak ke sekolah setiap harinya.

Itulah beberapa cara edukasi anak agar terhindar dari pelecehan seksual. Mulai dari memperkenalkan bagian tubuh anak sejak dini, hingga menanamkan budaya malu pada anak serta membangun komunikasi yang baik dengan anak.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut