get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Kemarau Panjang dan Menyusutnya Lahan Tani Jadi Faktor Harga Beras di Karawang Melonjak Tinggi

Rabu, 06 September 2023 | 19:33 WIB
header img
Subkoor pengendalian harga pangan dalam negeri pada Disperindag Karawang, Wahyu (Foto : iNewskarawang.id/Iqbal Maulana Bahtiar)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Karawang sebut melonjaknya harga beras di Kabupaten Karawang karena produktivitas petani di Karawang menurun.

Hal tersebut diungkapkan oleh Subkoor pengendalian harga pangan dalam negeri pada Disperindag Karawang, Wahyu saat diwawancarai di Kantor Disperindag Karawang, Rabu,(6/9/2023)

Menurut Wahyu, lonjakan harga beras yang terjadi di Kabupaten Karawang saat ini dikarenakan adanya penyusutan lahan dan ada beberapa lahan pertanian di Karawang yang terdampak musim kemarau.

"Banyak faktor penyebab kenaikan harga, untuk di Kabupaten Karawang itu salah satunya penurunan produktivitas petani karena penyusutan lahan tani padi dan ada juga terdampak dari kemarau panjang saat ini," kata Wahyu, Rabu,(6/9/2023)

Lebih lanjut, kata Wahyu, untuk update harga beras di pasaran saat ini sudah melebihi harga eceran tertinggi (HET). 

"Harga beras premium saat ini mencapai Rp.14ribu per kilogram, dan beras biasa Rp.10ribu per kilogram. Sedangkan Het beras premium Rp.13ribu," ujarnya

Mengenai permasalahan lonjakan harga beras di Kabupaten Karawang, pihaknya akan berkoordinasi dengan Bulog.

"Pemantauan dilapangan sudah kita lakukan. Dan secepatnya kita akan berkoordinasi dengan Bulog untuk upaya menekan harga beras tersebut, apakah akan digelontorkan stok beras atau digelar operasi pasar murah," tandasnya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut