get app
inews
Aa Read Next : Cari Lokasi Sumur Minyak Baru, Pertamina Lakukan Kegiatan Seismik di Karawang

Jaga Lingkungan, PHE ONWJ dan PHE OSES Tanam Puluhan Ribu Bibit Mangrove di Kepulauan Seribu

Senin, 04 September 2023 | 11:15 WIB
header img
Jaga Lingkungan, PHE ONWJ dan PHE OSES Tanam Puluhan Ribu Bibit Mangrove di Kepulauan Seribu

JAKARTA, PHE ONWJ - Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) dan Pertamina Hulu Energi Offshore South East Sumatra (PHE OSES) beserta SKK Migas menanam 37 ribu bibit mangrove di Kepulauan Seribu, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Sabtu (2/9/2023).

Penanaman mangrove ini merupakan komitmen Pertamina dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan. Penanaman bibit mangrove juga sejalan dengan amanat Presiden Republik Indonesia Jokowi yang menekankan pentingnya mangrove bagi pengembalian habitat hewan maupun tumbuhan.

Hadir dalam penanaman di Pulau Harapan, Kepulauan Seribu, Senior Manager Relations Pertamina Regional Jawa Agus Suprijanto serta jajaran manajemen PHE ONWJ dan PHE OSES, juga Kepala Divisi Formalitas SKK Migas George Nicolas Simanjuntak beserta jajaran.

Agus Suprijanto dalam sambutannya mengatakan PHE ONWJ dan PHE OSES senantiasa memperhatikan kebutuhan masyarakat dan turut serta aktif ikut menjaga ekosistem di sekitar wilayah operasi.

Regional Jawa pada tahun 2023 merencanakan penanaman bibit mangrove dan tanaman tegak sekitar 66 ribu di seluruh wilayah operasi.

Sepanjang tahun 2023, PHE ONWJ telah menanam 37.500 bibit mangrove dan PHE OSES sebanyak 37.000 bibit mangrove di seluruh wilayah operasi perusahaan. Penanaman ini tidak hanya menggandeng unsur masyarakat, tapi juga unsur TNI, pemerintah setempat, dan aktivis lingkungan.

Agus juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang selama ini sudah bersinergi dengan Pertamina. Ia berharap sinergi terus berjalan ke arah lebih baik.

“Program tanggung jawab sosial dan lingkungan memang kami angkat dari kebutuhan masyarakat. Semoga program-program yang sudah dilakukan bisa dikembangkan lebih jauh, tidak hanya penanaman pohon. Saya juga mengucapkan terima kasih karena selama ini kerja sama dengan pemangku kepentingan sudah sangat positif, jadi semua program bisa dijalankan dengan baik,” katanya.

Pertamina juga menyambut baik program penanaman dua juta pohon mangrove yang dicanangkan SKK Migas.

“Kami sudah mencapai 85 persen dari target. Insya Allah bisa lebih. Ini adalah bagian dari kepedulian kita untuk menjaga lingkungan,” sambung Agus.

Sementara itu di tempat yang sama, George Nicolas Simanjuntak menuturkan penanaman ini adalah juga merupakan komitmen program yang disepakati PHE ONWJ dan PHE OSES bersama SKK Migas.

“Saya mewakili SKK Migas mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada PHE OSES dan PHE ONWJ dalam acara ini. Kegiatan ini merupakan kesepakatan yang sudah kami rencanakan,” katanya.

Sementara itu Wakil Camat Kecamatan Kepulauan Seribu Utara Yulihardi mengatakan, masyarakat di tempatnya sudah merasakan kehadiran PHE ONWJ dan PHE OSES. Menurutnya, dua perusahaan BUMN tersebut sangat membantu masyarakat sekitar.

“Saya berharap program-program dari PHE OSES dan PHE ONWJ bisa sejalan dengan program pemerintah daerah,” tutupnya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut