Logo Network
Network

Drainase Mampet, Sebanyak 7.238 Rumah di Karawang Terendam Banjir

Muhtar Galuh Ardian
.
Kamis, 20 Januari 2022 | 14:58 WIB
Drainase Mampet, Sebanyak 7.238 Rumah di Karawang Terendam Banjir
Potret rumah warga yang tergenang air akibat drainase mampet. (Foto: iNews Karawang/Muhtar Galuh Ardian)

KARAWANG, iNews.id - Curah hujan tinggi dalam beberapa hari belakangan ini mengguyur kabupaten Karawang. Akibatnya, ribuan rumah terendam banjir.

Menurut keterangan Kepala BPBD Karawang, Yasin Nasrudin, banjir terjadi di 3 Kecamatan yang ada di Kabupaten Karawang. Diantaranya, Rengasdengklok, Batujaya, dan Tirtajaya.

Ia mengungkapkan, banjir di Kecamatan Rengasdengklok merendam Desa Kertasari dan Rengasdengklok Utara.

"Total yang terdampak 2.027 KK, 6.247 Jiwa,  dan jumlah rumah 1.996, banjir selain faktor curah hujan tinggi tetapi juga dari luapan sungai," ungkapnya

Sementara, di Kecamatan Batujaya sebanyak 10 Desa yang terdampak banjir, dengan jumlah rumah yang terendam 7.238, 9.104, dan 26.394 jiwa.

Untuk faktor penyebab banjir di Kecamatan Batujaya, ia menyebut, selain dari curah hujan tinggi tetapi juga adanya penyumbatan drainase.

"Tadi Informasi yang terakhir diterima air mulai surut, walaupun hujan masih mengguyur wilayah tersebut," bebernya.

Kemudian, banjir yang terjadi di Kecamatan Tirtajaya melanda tiga Desa. Hal ini dampak dari curah hujan tinggi yang mengakibatkan Hulu Sungai Banpol dan Hulu Sungai Lebak Baru meluap ke pemukiman warga.

"Kecamatan Tirtajaya, di Desa Medangkarya terdapat 86 KK, 300 jiwa, Desa sarijaya 47 rumah, 56 kk, 184 jiwa, 30 hektar sawah, Desa Kutamakmur 171 rumah, 199 KK, 571 jiwa," imbuhnya

Untuk total jumlah Rumah yang terendam banjir di Kecamatan Tirtajaya, sampai saat ini pihaknya masih menunggu laporan data dari lapangan.

"Jumlah rumah yang terdampak kita masih rekap," singkatnya.

Selain itu, untuk kerugian materil sendiri, kata Yasin, dampak dari bencana banjir yang melanda tiga kecamatan tersebut masih belum diketahui.

"Untuk kerugian belum kita perkirakan, tetapi kalau pendistribusian bantuan logistik sudah kita salurkan," pungkasnya.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.