get app
inews
Aa Read Next : Jokowi Optimis Peluang Besar Indonesia Jadi Negara Maju, Ingatkan Middle Income Trap !

Presiden Jokowi Sebut Kebaya Sebagai Lambang Karakter Masyarakat Indonesia

Senin, 07 Agustus 2023 | 09:51 WIB
header img
Presiden Jokowi (Foto: MPI)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam acara Istana Berkebaya menyebutkan bahwa baju adat kebaya yang dikenakan para wanita Indonesia melambangkan karakter bangsa dari masa lampau.

Acara tersebut yang dilaksanakan di panggung sepanjang 200 meter di Jalan Medan Merdeka Utara depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat pada Minggu (8/6/2023) sore.

"Kebaya itu melambangkan karakter masyarakat Indonesia yang anggun, yang lemah lembut, yang sopan dan bersahaja," ujar Jokowi.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim Istana berkebaya saya nyatakan dibuka terima kasih," kata Jokowi.

Sementara ibu negara Iriana Jokowi dalam kesempatan tersebut melakukan kegiatan berpantun.

"Sebelum acara dimulai izin Pak Jokowi saya mau berpantun. Bunga Menur Bunga Raflesia, Mekar Sekuntum Merah Merona, Citra Luhur Wanita Indonesia, Pribadi Anggunnya Dengan Kebaya," kata Iriana Jokowi.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, event Istana Berkebaya yang dilaksanakan di Jalan Medan Merdeka Utara, Monas Jakarta Utara pada Minggu (6/8/2023) sore selain akan menampilkan peragaan busana kebaya dari sejumlah desainer juga akan menampilkan artis dan Putri Indonesia.

Event ini merupakan rangkaian dari peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia ke-78. Sebelumnya pemerintah juga melakukan pemecahan rekor dunia bermain angklung terbanyak di Stadion Gelora Bung Karno Senayan Jakarta pada Sabtu (5/8/2023) malam.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut