get app
inews
Aa Read Next : Diduga Tidak Mengetahui Kereta Api Lewat, Satu Keluarga Tewas Tertabrak

Wow Keren! Polwan Cantik Asal Pasuruan Raih Penghargaan Lulusan Terbaik Akademi Kepolisian Turki

Selasa, 01 Agustus 2023 | 15:04 WIB
header img
Briptu Tiara Nisa saat bersalaman dengan Presiden Erdogan. (Foto: Tangkapan layar)

PASURUAN,iNewskarawang.id - Briptu Tiara Nisa Zulbida mengharumkan nama Indonesia setelah meraih penghargaan lulusan terbaik di Akademi Kepolisian Turki. Dia seorang anggota Polisi Wanita (Polwan) asal kota Pasuruan, Jawa Timur.

Hal itu diketahui dari video yang memperlihatkan Tiara mendapat penghargaaan langsung dari Presiden Turki Tecep Yayib Erdogan. Video itu pun viral di media sosial.

Briptu Tiara sukses meraih prestasi tersebut karena berhasil menyisihkan ratusan polisi dari negara-negara lainnya. Video saat 

Saat menerima penghargaan, Tiara yang juga anggota Diskrimus Polda Jatim itu beri kesempatan pidato di hadapan para peserta pendidikan Akpol Turki. Video tersebut kemudian diunggah ke medsos hingga akhirnya viral.

"Ya gak nyangka dan terkejut, tapi kita ya sebagai orang tua hanya bisa bersyukur dengan prestasi yang didapat Tiara. Bangga ya terharu. Dia orangnya mandiri dan kuat kalau punya kemauan harus bisa," ujar sang ibu Ettik Ismiati.

Tiara yang saat ini berusia 29 tahun memang merupakan sosok wanita yang tangguh dan mandiri. Bahkan segudang prestasi berhasil diraih Tiara yang merupakan putri kedua dari 3 bersaudara pasangan Akhmad Ariefin dan Ettik Ismiati ini.

Tiara sempat menjadi atlet lari hingga bola basket. Selain itu ia juga meraih predikat cak dan ning di Kota Pasuruan 14 tahun lalu. Usai lulus Sekolah Menengah Atas (SMA), Tiara sempat bekerja di salah satu bank swasta di kota kelahirannya.

Tiara kemudian coba mengubah nasibnya dengan mendaftar jadi polisi hingga lolos menjadi polwan pada 2014. Di korps Bhayangkara, Tiara pernah mendapat misi tugas perdamaian PBB di Bangui, Afrika Tengah selama 1,5 tahun.

Usai menyelesaikan misi tersebut, Tiara melanjutkan pendidikan di Akademi Polisi Turki selama dua tahun dan dinobatkan menjadi siswi dengan peringkat kelima terbaik. Keluarganya pun sangat bangga dengan prestasi yang didapat oleh Tiara.

"Tiara itu orang yang tegas baik anaknya suka beribadah dan penurut sama orang tua. Harapan saya sebagai kakak yang pasti selalu sehat, tetap rendah hati, tidak sombong setelah prestasi yang didapat," timpal kakak Tiara Bripka Kautsar Sukma.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut