get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Gandeng BPBD, Disperindag Bekali Pengelola Pasar Penanganan Pertama Kebakaran

Selasa, 01 Agustus 2023 | 14:51 WIB
header img
Disperindag Gelar Workshop Pelatihan Mitigasi Dini Penanggulangan Kebakaran Pasar Karawang. (Foto: iNewskarawang.id/Iqbal Maulana Bahtiar)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Karawang menggelar workshop pelatihan mitigasi dini penanggulangan bencana kebakaran di Aula Kantor Disperindag Karawang, Selasa, (1/8/2023)

Dikatakan Subkoor kelompok subtansi pembinaan dan pengendalian sarana distribuai perdagangan, Saptaji, kegiatan tersebut bertujuan untuk melatih para pengelola pasar mulai kepala uptd, kepala pasar hingga keamanan pasar dalam penanganan pertama jika terjadi kebakaran.

"Untuk kegiatan ini, kita berkolaborasi dengan bidang pemadam kebakaran pada BPBD Karawang untuk mempersiapkan SDM sejak dini dan juga sapras terkait penanganan kebakaran di pasar," ungkap Saptaji, Selasa,(1/8/2023)


Workshop Pelatihan Mitigasi Dini Penanggulangan Kebakaran oleh Disperindag dan BPBD Karawang untuk Pengelola Pasar. (iNewskarawang.id/Iqbal Maulana Bahtiar)

Lebih lanjut, kegiatan ini diinisiasi dari peristiwa kebakaran pasar yang terjadi pada tahun 2019 lalu yang menyebabkan kerugian besar bagi pedagang.

"Kita belajar dari peristiwa beberapa tahun lalu, kebakaran pasar yang hebat dan sulit ditangani karena penanganan awal yang terlambat. Oleh sebab itu pelatih ini kita lakukan demi K3 di pasar," ucapnya

Dengan hal tersebut, dirinya berharap, para pengelola pasar kedepannya lebih memperhatikan potensi bencana kebakaran. Mengingat saat ini tengah dilanda el nino yang menyebabkan suhu cuaca yang tinggi.

"Lebih waspada, kita juga telah merefil sekitar 60 tabung apar yang ada wilayah pasar 1, 2 dan kantor disperindag untuk berjaga-jaga," tandasnya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut