get app
inews
Aa Read Next : Polisi Gagalkan Aksi Tawuran di Karawang Timur, Amankan 6 Remaja dan Satu Senjata Tajam

42 Orang Tewas dalam Insiden Ledakan Bom Bunuh Diri di Kampanye Parpol

Senin, 31 Juli 2023 | 10:26 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: Okezone)

DERA ISMAIL KHAN, iNewskarawang.id - Menurut keterangan polisi dan petugas penyelamat, dalam peristiwa bom bunuh diri yang meledakkan bahan peledak pada kampanye politik di Provinsi Khyber Pakhtunkhwa barat laut Pakistan pada Minggu, (30/7/2023), 42 orang tewas dan lebih dari 130 lainnya cedera.

Kejadian tragis itu terjadi di sebuah pertemuan partai konservatif Jamiat Ulema Islam-Fazl (JUI-F), yang dikenal memiliki hubungan dengan politik Islam garis keras, di bekas daerah suku Bajaur, yang berbatasan dengan Afghanistan.

Namun keadaan darurat telah diumumkan di rumah sakit Bajaur dan daerah sekitarnya di mana sebagian besar korban luka dibawa, kata petugas polisi distrik Nazir Khan. Mereka yang terluka parah diangkut dari Bajaur ke rumah sakit di ibu kota provinsi Peshawar dengan helikopter militer.

Sebuah pernyataan dari Rescue 1122, sebuah layanan responden pertama, menyebutkan jumlah korban tewas mencapai 42 orang.

Khan mengatakan ledakan itu, pada konvensi pekerja JUI-F di kota Bajaur Khar, telah menyebabkan lebih dari 130 orang terluka, banyak yang luka serius.

Kepala Polisi provinsi, Akhtar Hayat mengatakan kepada Reuters bahwa ledakan itu disebabkan oleh bom bunuh diri.

Pakistan telah mengalami kebangkitan serangan oleh militan sejak tahun lalu ketika gencatan senjata antara Tehreek-e-Taliban Pakistan (TTP) dan Islamabad gagal. Sebuah pemboman masjid di Peshawar menewaskan lebih dari 100 orang awal tahun ini.

Sementara TTP dan kelompok terkaitnya berada di belakang sebagian besar serangan di Pakistan dalam beberapa bulan terakhir, kelompok itu menjauhkan diri dari serangan Minggu, yang dikutuk oleh juru bicaranya.

TTP berjanji setia, tetapi tidak secara langsung menjadi bagian dari, Taliban di tetangga barat Afghanistan. Pasukan keamanan Pakistan mengatakan TTP memiliki tempat perlindungan di Afghanistan, yang dibantah oleh pemerintahan Taliban di sana.

Pemerintah Afghanistan mengutuk ledakan itu dalam pernyataan juru bicara mereka Zabihullah Mujahid.

TTP bukan satu-satunya kelompok militan yang melakukan serangan di daerah itu, yang juga menghadapi ancaman dari cabang lokal ISIS.

Partai yang ditargetkan, JUI-F, adalah sekutu utama pemerintah koalisi Perdana Menteri Shehbaz Sharif, yang sedang mempersiapkan pemilihan nasional yang akan diadakan pada November.

Sharif mengutuk ledakan itu, menyebutnya sebagai serangan terhadap proses demokrasi Pakistan. Dia bersumpah bahwa mereka yang bertanggung jawab akan dihukum.

Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Islamabad dan mantan Perdana Menteri Pakistan Imran Khan juga mengutuk ledakan tersebut dalam postingan di platform perpesanan di X, sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut