get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Potensi Bencana di La Nina, BPBD Imbau Masyarakat Karawang Waspada

Jum'at, 14 Januari 2022 | 18:48 WIB
header img
Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Karawang, Yasin Nasrudin. (Foto: iNewsKarawang/Boby).

Karawang, iNews.id - Masyarakat Karawang untuk waspada terhadap cuaca ektrem dalam beberapa hari mendatang. Demikian ditegaskan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang Yasin Nasrudin, Jumat (14/01/2022).

Yasin menyebutkan, informasi yang diterima dari Badan Meteorologi Klimatologi  dan Geofisika (BMKG) bahwa potensi hujan lebat dan angin kencang terjadi di sejumlah wilayah di Jawa Barat, termasuk Karawang.

Seperti halnya kejadian beberapa hari ke belakang telah terjadi angin puting beliung di beberapa kecamatan, diantaranya di Cilamaya Kulon, Tempuran dan Kecamatan lainnya.

"Beberapa rumah rusak ringan. Jadi kami imbau masyarakat agar waspada,"tandas Yasin.

Menurut Yasin, fenomena La Nina saat ini masih mengintai wilayah Indonesia, termasuk Provinsi Jawa Barat. Sementara Fenomena La Nina merupakan fenomena Suhu Muka Laut (SML) di Samudera Pasifik bagian tengah yang mengalami pendinginan dibawah kondisi normalnya.

Kata Yasin, Efek dari fenomena La Nina menyebabkan terjadinya peningkatan curah hujan bulanan di Pulau Jawa, dengan akumulasi curah hujan bulanan dapat meningkat hingga 70 persen.

"La Nina juga berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi, seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor,angin kencang, puting beliung, dan sebagainya,"papar Yasin.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut