get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Targetkan Hasil Panen 1,5 Juta Ton, Dinas Pertanian Karawang Canangkan IP 400

Kamis, 13 Januari 2022 | 20:34 WIB
header img
Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Horti, Dinas Pertanian Kabupaten Karawang, Edi Suryana (Foto: iNewsKarawang/Iqbal Maulana Bahtiar)

Karawang, iNews.id - Dinas Pertanian Kabupaten Karawang targetkan hasil panen tahun 2022 capai 1,5 Juta Ton. Pada tahun 2021 lalu, Dinas Pertanian Kabupaten Karawang mencatat hasil panen padi mencapai 1,4 Juta Ton. Hasil tersebut dari luas lahan baku pertanian yang mencapai 94.517 hektare. 


Menurut Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Horti, Edi Suryana, capaian tersebut dikarenakan keberhasilan dalam uji coba Indek Penanaman (IP) 400 yang dilakukan di Kecamatan Ciampel. 

"Capaian 1,4 Juta ton pada tahun 2021, dikarenakan hasil panen yang berkali-kali, ada yang dua kali, tiga kali dan ditambah uji coba penanaman empat kali yang juga berhasil pada tahun kemarin, "ujarnya, Kamis,(13/1/2022) 

Melihat keberhasilan tersebut, Dinas Pertanian Kabupaten Karawang memperluas lahan yang akan diuji coba Indeks Penanaman (IP) 400 yang berawal 25 Hektar menjadi 1.000 Hektar demi tercapainya target hasil panen 1,5 Juta Ton di tahun 2022. 

"Dengan uji coba empat kali masa panen, yang biasa tiga kali panen kita coba empat kali tanam menggunakan Varitas Super Genja yang umur tanamnya hanya 80 sampai 90 hari. Untuk lokasi tanamnya juga khusus yang pengaurannya bagus, "ujarnya.

Dalam upaya tercapainya target dan keberhasilan uji coba IP 400 tahun 2022, Dinas Pertanian Kabupaten Karawang juga membantu para petani dengan cara menyuplai kebutuhan para petani. 

"Kita bantu sepenuhnya, mulai dari pupuk, pestisida dan lainnya. Untuk benih juga akan kita bantu selama dua musim kalau sempat kita berikan untuk tiga musin, itu pun tetap bantuan tersebut kita berikan dari pemerintah pusat,"ujarnya. 

Dirinya berharap target yang dicanangkan dapat tercapai di tahun 2022 dan bisa melakukan swasembada beras. 

"Semoga di tahun ini hasil tani padi kita melimpah dan Kabupaten Karawang dapat melakukan swasembada beras skala nasional kembali seperti tahun 80an dan 90an lalu, serta untuk para petani lebih bersemangat lagi dan kita akan selalu support para petani di Karawang,"pungkasnya.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut