get app
inews
Aa Read Next : Gempa Guncang Kabupaten Bandung 2 Kali, Sejumlah Bangunan Alami Kerusakan

BNPB Beri Bantuan Dana Rp11,5 Miliar untuk Penanganan  Banjir Lahar Dingin di Lumanjang

Selasa, 11 Juli 2023 | 10:00 WIB
header img
BNPB segera kirim bantuan banjir lahar dingin Semeru (Foto: tangkapan layar)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Bantuan dana sebesar Rp11,5 miliar untuk percepatan penanganan bencana banjir lahar dingin Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, akan diberikan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengungkapkan dukungan bantuan ini untuk pembangunan kembali sebanyak 5 jembatan yang hancur akibat banjir lahar dingin Gunung Semeru.

“Dukungan BNPB memang cukup signifikan ada 5 jembatan yang hancur akibat lahar dingin, kita lihat jembatan penyeberangan, manusia, motor, dan ada jalur piket Nol Kilometer 59 yang sempat putus akibat longsor itu sudah bisa diakses kembali,” kata Aam sapaan akrab Abdul Muhari pada Disaster Briefing, Senin (10/7/2023).

“Total hasil koordinasi kita, sementara ada 11,5 miliar dukungan yang akan disalurkan oleh BNPB dalam bentuk perbaikan jembatan 2 unit, bronjong untuk membatasi atau meninggikan batas aliran lahar dingin supaya tidak melebar ke jalur-jalur pemukiman warga,” ungkap Aam.

Sementara itu, Aam mengatakan ada sebanyak 1.038 jiwa yang mengungsi akibat kejadian bencana ini. Dia mengatakan saat ini masih dilakukan diskusi apakah akan dilakukan relokasi rumah yang terdampak. “Kita masih mendiskusikan itu.”

“Tapi kalau untuk daerah yang sudah terdampak awan panas guguran di tahun 2021 itu konsensus nyata daerah bahwa mereka tidak boleh menjadikan rumah itu sebagai tempat tinggal meskipun itu masih menjadi hak mereka. Tapi kalau akan dijadikan tempat usaha atau tempat tinggal sementara itu masih diperbolehkan tapi tidak untuk tinggal ini yang membahayakan,” kata Aam.

Aam pun menegaskan untuk dua jembatan yang rusak diperkirakan akan bisa dioperasikan lagi dalam 2 sampai 4 bulan kedepan. “Ini kita harapkan bisa selesai memang ada dua jembatan yang cukup besar yang Kementerian PUPR dan pemerintah Provinsi Jawa Timur memperkirakan mungkin dalam 2 sampai 4 bulan kedepan baru bisa dioperasikan kembali.”

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut