get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

PKM FKIP Unsika Gelar In House Training Sebagai Bentuk Pengabdian kepada Masyarakat

Senin, 10 Juli 2023 | 11:10 WIB
header img
PKM FKIP Unsika Gelar In House Training Sebagai Bentuk Pengabdian kepada Masyarakat

KARAWANG, iNewskarawang.id - Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unsika bersama Yayasan Pendidikan Islam Nahdlatul Ulama (YAPINU) dan SMK Bhinneka Karawang menggelar kegiatan In House Training pada Sabtu-Minggu, (8-9/7/2023).

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari ini mengusung tema “Pengembangan Profesionalisme, Kepribadian dan Sosial Guru dalam Pencapaian Tujuan Pendidikan”.

"Kami tenaga pendidik dari FKIP Unsika memiliki tanggung jawab untuk mewujudkan pengabdian kepada masyarakat berbasis penalaran dan karya penelitian yang bermanfaat dalam memajukan kesejahteraan umum serta mencerdaskan kehidupan bangsa. Oleh karena itu kami berkolaborasi dengan YAPINU dan SMK Bhinneka Karawang untuk menggelar kegiatan In House Training," Kata ketua tim PKM, Evi Karlina Ambarwati, SS., M.Ed

Evi melanjutkan, Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pasal 8 mengamanatkan kualifikasi dan kompetensi yang wajib dimiliki oleh guru untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Diantara kompetensi itu adalah kompetensi kepribadian, sosial dan profesional.

Seiring dengan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan era Revolusi Industri 4.0, dunia pendidikan juga perlu bertansformasi. Terlebih pemerintah Indonesia telah memprioritaskan program digitalisasi pendidikan. Oleh karena itu, para guru perlu terus mengembangkan kompetensi secara berkelanjutan serta beradaptasi terhadap perubahan.

Selain itu sesuai Undang-Undang No 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, dalam Pasal 4 dinyatakan bahwa Pendidikan Tinggi berfungsi: (a) mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa; (b) mengembangkan Sivitas Akademika yang inovatif, responsif, kreatif, terampil, berdaya saing, dan kooperatif melalui pelaksanaan Tridharma; dan (c) mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dengan memperhatikan dan menerapkan nilai Humaniora.

Dalam kegiatan yang berlangsung pada taggal 8-9 Juli 2023 di Villa Wanadri Lembang Bandung ini Ketua YAPINU, Jerman Abdul Kadir, SH dan kepala SMK Bhinneka, Ari Ambarwati, SS sepakat mengambil tema “Pengembangan Profesionalisme, Kepribadian dan Sosial Guru dalam Pencapaian Tujuan Pendidikan” dengan tujuan agar dapat mengembangkan karakter guru yang sesuai dengan kompetensi guru professional yang diharapkan.

Sejalan dengan tema yang ada, maka tim pengabdian masyarakat Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP Unsika merancang kegiatan kolaborasi tersebut.

Melalui materi yang disampaikan Nina Puspitaloka, S.Pd., M.Pd, dan Praditya Putri Utami., SS, M.Pd tim PKM tidak hanya memaparkan materi tentang pengembangan kompetensi guru, namun juga mengenai synergic team.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum SMK Bhinneka, Nelly Rahmawati Ningsih, berharap seluruh rangkaian kegiatan In House Training ini hasilnya dapat diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari.

"Mudah-mudahan tidak hanya bermanfaat bagi diri pribadi masing-masing guru namun juga bermanfaat bagi sekolah, seluruh siswa dan yang lebih luas adalah untuk semua generasi muda bangsa Indonesia," ucapnya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut