get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Isak Tangis Mewarnai Kepulangan Sha Hwang Anak Pengidap Down Syndrom ke Taiwan

Kamis, 06 Juli 2023 | 12:28 WIB
header img
Isak Tangis Mewarnai Kepulangan Sha Hwang Anak Pengidap Down Syndrom ke Taiwan. (Foto: Doc. iNewskarawang.id/Iqbal Maulana Bahtiar)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Sha Hwang, Seorang anak pengidap down syndrome asal Taiwan yang telah diasuh selama lebih dari 6 tahun oleh mantan tenaga kerja wanita (TKW) asal Karawang Siti Aisah akan dipulangkan ke negara asalnya pada hari ini, Kamis,(6/7/2023).

Kabar kepulangan Chin Ming nama sapaan Sha Hwang ke negara asalnya di Taiwan tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Imigrasi Kelas 1 Non TPI Karawang, Berlian Gunawan pada Konferensi Pers di Kantor Imigrasi Karawang, Kamis,(6/7/2023).

"Saudara Sha Hwang akan dipulangkan hari ini dan akan berangkat pada pukul 14:00 WIB. Sha Hwang juga akan didampingi oleh ibu asuhnya, Siti Aisah, pihak perwakilan negaranya dan 2 orang tenaga kesehatan dari Rumah Sakit Bunda Suci," ungkap Berlian, Kamis,(6/7/2023)

Lebih lanjut, Berlian juga mengatakan jika kepulangan Sha Hwang merupakan keinginan keluarga Sha Hwang di Taiwan dan sesuai dengan aturan UU Pasal 78 ayat (3) tahun 2013 tentang keimigrasian.

"Nantinya disana, ibu Siti diberi waktu selama 14 hari untuk mendampingi Sha Hwang untuk terakhir kalinya jika Sha Hwang diasuh penuh oleh keluarganya," katanya.

Sementara itu, Siti Aisah yang mengasuh Sha Hwang selama di Karawang mengaku berat hati jika harus dipisahkan dengan Sha Hwang.

"Sedih, berat hati saya jika harus dipisahkan dengan putra angkat saya ini," ucap Siti.

Dengan kepulangannya putra angkatnya tersebut, Siti berharap keluarga Sha Hwang memberikan hak asuh penuh untuk dirinya mengasuh Sha Hwang.

"Saya harap bisa mengasuh dia secara penuh. Saya bisa menahan semuanya jika harus dipisahkan dengan Sha Hwang, tapi saya khawatir jika Sha Hwang disana jadi drop lagi jika dipisahkan dengan saya," tuturnya.

Dari pantauan pewarta, suasana pada konferensi pers tersebut penuh isak tangis, terutama saat tangis ibu asuh Sha Hwang pecah karena harus dipisahkan dengan putra angkatnya.

Dikabarkan sebelumnya, Siti Aisyah, eks tenaga kerja wanita (TKW) di Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang, memboyong anak majikan, pengidap down syndrome asal Taiwan ke Karawang untuk dirawat.

Siti Aisyah mengaku tidak tega meninggalkan Chin Ming atau Sha Hwang yang berkebutuhan khusus itu. Karenanya, dia meminta izin orang tua bocah itu atau majikannya untuk mengajak Sha Hwang ke Karawang.

Setelah mendapat izin ayah Sha Hwang, Siti memboyong Sha Hwang ke Karawang dan merawatnya setulus hati seperti anak sendiri.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut