get app
inews
Aa Read Next : Breaking News: Pulau Karatung Sulut Diguncang Gempa Besar Berkekuatan M7,0

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Potensi Hujan Lebat di 21 Provinsi

Rabu, 28 Juni 2023 | 18:44 WIB
header img
Ilustrasi cuaca ekstrem (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Perkiraan cuaca pada hari Kamis 29 Juni 2023, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan sedang hingga lebat di 21 wilayah Indonesia, hal itu akan terjadi saat Idul Adha 1444 Hijriah.

BMKG mengatakan, potensi hujan ini akibat adanya sirkulasi siklonik terpantau di Samudra Hindia selatan NTT yang membentuk daerah perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang di Samudra Hindia selatan NTT, serta daerah pertemuan angin (konfluensi) di Laut Timor dan Laut Flores.

“Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi atau konfluensi tersebut,” ungkap BMKG dalam keterangan resminya, Rabu (28/6/2023).

Sementara itu, BMKG menyebutkan, daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang dari Aceh hingga Semenanjung Malaysia, dari Perairan barat Lampung hingga Jambi, di Laut Natuna, dari Selat Makassar hingga Kalimantan Timur, di Kalimantan Utara, di Papua, dan di Samudra Pasifik utara Papua Barat.

“Daerah konfluensi lain juga terpantau berada di Riau, Laut Cina Selatan, Laut Jawa, dan Laut Sulu. Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi atau konfluensi tersebut,” katanya.

BMKG juga mengatakan adanya intrusi udara kering atau dry intrusion dari BBS melintasi Samudra Hindia Selatan Bali hingga barat daya Sumatera yang mampu mengangkat uap air basah di depan muka intrusi menjadi lebih hangat dan lembab yaitu di Samudera Hindia barat daya Sumatera hingga selatan Jawa.

Berikut 21 wilayah yang akan berpotensi hujan di wilayah Indonesia pada esok hari. Dimana sebanyak 18 wilayah berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang yaitu:

1. Aceh

2. Sumatera Utara

3. Sumatera Barat

4. Riau

5. Kep. Riau

6. Bengkulu

7. Jambi

8. Sumatera Selatan

9. Kep. Bangka Belitung

10. Lampung

11. Jawa Barat

12. Kalimantan Barat

13. Kalimantan Tengah

14. Sulawesi Utara

15. Gorontalo

16. Maluku Utara

17. Papua Barat

18. Papua

Sementara itu, sebanyak 3 wilayah berpotensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang yaitu:

1. Banten

2. DKI Jakarta

3. Jawa Tengah

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut