get app
inews
Aa Read Next : Kisah Basilisk, Mahluk Mitologis Yunani Kuno yang Mati karena Sebuah Cermin

5 Makhluk Mitologis Yunani Kuno yang Memiliki Wujud Mengerikan

Jum'at, 16 Juni 2023 | 17:11 WIB
header img
Chimera, Makhluk Legendaris dari Mitologi Yunani Gabungan dari Tiga Hewan: Ular, Kambing, dan Singa. (Foto: Ilustrasi)

JAKARTA, iNewskarawang.id -  Dalam kisah legenda ada beberapa mahkluk yang diceritakan memiliki perwujudan yang cukup menyeramkan yang disebut Makhluk Mitologis.

Mahluk mitologis pada umumnya bersifat fantastis baik bentuk maupun fungsinya. Dahulu mahluk ini digunakan untuk berbagai alasan, ada yang dikirim untuk menyakiti dan ada juga untuk melindungi. 

Tidak hanya itu, Bentuk dari Mahluk mitologis ini bermacam-macam, bahkan ada yang berupa gabungan manusia dengan hewan.

Dilansir dari Wikipedia, Berikut 5 mahluk Mitologi Yunani kuno yang wujudnya paling mengerikan, simak selengkapnya!

1. Moirai (Penguasa Takdir)


Moirai (Foto: Ilustrasi)
 

Dalam mitologi Yunani adalah tiga orang dewi takdir. Mereka mengendalikan nasib setiap manusia sejak lahir hingga mati. Mereka juga disebutkan dalam budaya-budaya yang diturunkan dari agama.

Peran moirai adalah untuk memastikan bahwa semua makhluk, baik fana maupun kekal, menghidupi takdir mereka yang telah diputuskan berdasarkan hukum semesta. 

Bagi makhluk fana,. Secara umum, mereka memiliki kedudukan di atas para dewa lainnya dengan peran mereka sebagai pengatur takdir, meski begitu dalam beberapa pendapat bahwa Zeus sebagai pemimpin para dewa dapat memerintah mereka dengan kekuasaannya.

2. Medusa


Medusa (Foto: Ilustrasi)
 

Medusa adalah salah satu makhluk mitologi Yunani paling terkenal. Medusa berwujud seorang wanita cantik dengan ular di kepalanya sebagai rambut.

Menurut mitologi, Medusa memiliki kekuatan menyebabkan siapapun yang menatap langsung pada matanya akan berubah menjadi batu. 

Medusa tewas dibunuh Perseus, kemudian menggunakan kepalanya sebagai senjata sebelum diberikan kepada Athena untuk ditempatkan pada perisai.

Medusa pada awalnya adalah seorang perawan cantik, dan merupakan pendeta wanita di kuil milik Athena. Namun, suatu ketika ia menjalin asmara dengan Poseidon di dalam kuil Athena. Hal ini membuat Athena marah, ia pun mengubah rambut Medusa menjadi ular dan mengutuk Medusa.

3. Hydra


Hydra (Foto: Ilustrasi)
 

Hydra disebut sebagai salah satu mahkluk mitologis Yunani yang paling mengerikan. Berbentuk ular atau naga, yang memiliki sembilan buah kepala. 

Jika salah satu kepalanya dipotong, maka kepala tersebut akan tumbuh lagi dua buah kepala yang baru. Mahkluk ini mengeluarkan racun yang mematikan dari nafasnya.

4. Sphinx atau Sfinks


Sphinx (Foto: Ilustrasi)
 

Sphinx memiliki wujud yang aneh dengan kepala manusia dan badan seekor singa. Sphinx juga dikenal dalam mitologi Yunani sebagai makhluk yang mengajukan teka-teki. 

Patung sphinx paling terkenal terdapat di Giza, Mesir. Diyakini merupakan kepala Firaun. Memiliki tinggi 3 meter dan panjang 20 meter. Melambangkan watak gagah laksana singa dan kepribadian lembut laksana bagaimana manusia.

5. Khimaira atau Chimera


Chimera (Foto: Ilustrasi)
 

Chimera adalah salah satu makhluk legendaris dari mitologi Yunani yang merupakan gabungan dari tiga hewan: ular, kambing, dan singa. 

Dengan perwujudan badan kambing, berekor ular, dan berkepala singa, tetapi beberapa cerita mengatakan kepalanya terdiri dari dua hewan kambing dan singa saja.

Mahkluk ini mampu menyemburkan api dari hidung dan mulutnya. Chimera menjadi lambang kekuatan setan. 

Menurut mitologi, Chimera merupakan puteri dari Tifon dan Ekhidna, dan bersaudara dengan beberapa monster dalam legenda, seperti anjing Cerberus dan Hydra dari danau.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut