get app
inews
Aa Read Next : 5 Makhluk Mitologis Yunani Kuno yang Memiliki Wujud Mengerikan

Kisah Basilisk, Mahluk Mitologis Yunani Kuno yang Mati karena Sebuah Cermin

Jum'at, 16 Juni 2023 | 17:27 WIB
header img
Makhluk Mitologi Yunani Kuno, Basilisk (Foto : ilustrasi)

JAKARTA, iNewskarawang.id - Dalam Mitologis Yunani Kuno banyak dikisahkan makhluk-makhluk yang memilik wujud tak lazim atau aneh, salah satunya mahkluk mitologis Yunani kuno bernama Basilisk.

Dalam kisahnya, Basilisk merupakan hewan mitologi Yunani berbentuk ular dengan kepala ayam yang berasal dari Kyrenaika di Afrika utara.

Hewan ini memiliki kekuatan untuk menyebabkan kematian hanya dengan sekali pandang. Dalam aspek ini ia memiliki kemiripan dengan Gorgon dalam mitologi Yunani .

Basilisk diduga ditetaskan oleh ayam jantan dari telur ular. Menurut beberapa legenda, basilisk dapat dibunuh dengan mendengar kokok ayam jantan atau menatap dirinya sendiri di cermin.

Sebagaikanau dikisahkan dalam dongeng yang menceritakan seorang pria bernama Alexander Agung yang berhadapan dengan seekor Basilisk demi mempertahankan sebuah kota.

Dalam kisah tersebut, Alexander memerintahkan pasukannya untuk menempatkan sebuah cermin diantara pasukannya.

Saat berhadapan dengan Basilisk, Alexander bersama pasukannya menghadapkan cermin itu kepada Basilisk. Dan setelah melihat pantulannya, monster itu langsung mati.

Dikisahkan juga dalam Mitologis Yunani Kuno, Musuh alami Basilisk sering disebut musang , yang kebal terhadap tatapan mematikannya dan dapat bertahan dari racunnya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut