get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Hingga Mei 2023 Ditemukan 98 Kasus Stunting di Karawang Barat, 13 Diantaranya Gizi Buruk

Senin, 05 Juni 2023 | 15:03 WIB
header img
Puskesmas Karawang (Foto : iNewskarawang.id)

KARAWANG, iNewskarawang.id - UPTD Puskesmas Karawang mencatat ada sebanyak 98 kasus stunting dan 13 kasus gizi buruk ditemukan di Kecamatan Karawang Barat.

 

Hal tersebut disampaikan oleh Bagian Program Gizi pada UPTD Puskesmas Karawang, Erna Sunarsasi saat ditemui reporter iNewskarawang.id, Senin, (5/6/2023)

 

"Untuk data yang sudah di validasi, sampai bulan Mei 2023 ada 98 kasus stunting dan 13 kasus gizi buruk di Kecamatan Karawang Barat. Namun, 3 kasus bayi pengidap gizi buruk kini status gizinya sudah membaik," kata Erna, Senin,(5/6/2023)

 

Lebih lanjut kata Erna, permasalah stunting dan gizi buruk yang ditemukan memiliki banyak faktor penyebab. Diantaranya, faktor ekonomi keluarga, kurangnya imunisasi, Jantung, TB, Talasemia dan ganguan tumbuh kembang.

 

"Untuk penanganan sendiri kita sudah lakukan. Kita berikan stimulan mulai dari kebutuhan asupan gizi dengan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) dan segala pengobatannya. Dan itu gratis, ditanggung Pemerintah," jelasnya

 

Lanjutnya, untuk balita dan bayi yang mengidap gizi buruk disertai penyakit penyerta, pihaknya memberikan penanganan khusus.

 

"Tidak jauh berbeda, hanya ada beberapa penanganan khusus mulai dari kebutuhan dan pengobatannya. Tergantung penyakit penyerta yang diidapnya," katanya

 

Masih kata Erna, dalam penanganan stunting dan gizi buruk di Karawang sendiri butuh kolaborasi serta sinergitas semua pihak, khususnya sinergitas dari kader pendamping di lapangan.

 

"Saya harap sih kader pendamping juga lebih fokus dalam penanganan gizi buruk dan stunting. Karena keberhasilan bukan hanya dari penanganan permasalahan, melainkan dari pendekatan dan penyuluhan ke masyarakat pun menjadi kunci suksesnya penurunan angka stunting di Karawang," tandasnya

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut