get app
inews
Aa Read Next : Kenali Ciri-Ciri Kanker Payudara, Jika Dialami Segera Periksa sebelum Terlambat

7 Gejala Kanker Payudara yang Perlu Diketahui, Wanita Wajib Baca!

Rabu, 24 Mei 2023 | 16:35 WIB
header img
Gejala kanker payudara (Foto : ilustrasi)

JAKARTA, iNewskarawang.id - KANKER payudara merupakan salah satu kanker yang jadi momok banyak wanita. Sebab sudah banyak wanita yang meninggal dunia akibat terkena kanker payudara.

Lalu apa saja gejala kanker payudara

Pemeriksaan amat sangat penting dalam melacak keberadaan kanker di payudara. Semakin cepat sel kanker payudara ditemukan, semakin tinggi angka harapan hidup penderitanya. Lain cerita kalau pasien baru datang ke fasilitas kesehatan dengan kondisi sel kanker yang sudah ganas dan menyebar ke banyak organ tubuh lainnya.

Maka dari itu, selain rutin melakukan pemeriksaan sendiri, Anda perlu pahami betul 7 gejala kanker payudara berikut ini, dilansir dari laman Bay Imaging Consultants Medical Group.

1. Pembengkakan kelenjar getah bening di bawah lengan atau sekitar tulang selangka

"Jaringan payudara menutupi area di bawah lengan dan ke dalam tulang selangka, dan terkadang kanker payudara dapat menyebar ke kelenjar getah bening di area ini sebelum tumor payudara cukup besar untuk dirasakan," terang laporan tersebut.

2. Pembengkakan seluruh atau sebagian payudara.

3. Iritasi kulit

4. Nyeri payudara atau puting

Saat Anda meraba payudara, ada rasa atau sensasi nyeri di seluruh area payudara atau berfokus pada puting. Kalau sudah begini, sebaiknya segera cari pertolongan medis untuk diagnosis lebih pasti.

5. Retraksi puting

Anda mungkin merasa kulit payudara Anda tertarik ke dalam, dan Anda mungkin memperhatikan bahwa puting Anda juga tertarik ke dalam. Kalau sudah begini, waspada mungkin sel kanker sedang tumbuh di payudara Anda.

6. Kemerahan, bersisik, atau penebalan pada puting atau kulit payudara

Payudara yang memerah tanpa sebab, apalagi diikuti dengan kulit bersisik atau terjadi penebalan pada puting atau kulit payudara pun harus Anda waspadai.

7. ASI keluar sendiri

Jika ASI keluar sendiri tanpa diperas, Anda mesti waspada. Terlebih jika hanya terjadi pada salah sayu payudara saja. Selain itu, kalau ada sel kanker tumbuh di payudara, mungkin saja bukan hanya ASI yang keluar, tapi cairan lain yang aneh misal nanah atau bahkan darah.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut