get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Gawat! Stok Darah A+ dan AB di Karawang Minim, PMI Ajak Masyarakat Mendonor

Rabu, 17 Mei 2023 | 16:14 WIB
header img
Humas PMI Karawang, Ade Iwan Darmawan (Foto : iNewskarawang/Iqbal Maulana Bahtiar)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Ketersediaan kantong darah golongan A+ di Kabupaten Karawang hampir kosong. 

Kurangnya ketersediaan kantong darah golongan A+ tersebut dikarenakan tingginya permintaan sedangkan suplai kantong darah yang minim.

Hal tersebut diungkapkan oleh Humas PMI (Palang Merah Indonesia) Karawang Ade Iwan Darmawan, Rabu,(17/5/2023)

Dikatakan oleh Ade, ketersediaan kantong darah golongan A+ sampai, Selasa,(16/5/2023) hanya tersedia sekitar 50 persen dari 16 kantong darah golongan A yang tersedia.

"Sekitar 50 persen dari stok darah golongan A yang ada di kita. Sedangkan kebutuhan lebih dari itu," kata Ade, Rabu,(17/5/2023)

Sambung Ade, Tidak hanya kekurangan stok kantong darah golongan A, ketersediaan golongan AB juga hanya tersisa 22 kantong.

"Kekurangan stok ini karena masih jarangnya masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya. Padahal banyak manfaat yang bisa kita dapat dengan mendonor darah," terangnya

Mengingat banyaknya manfaat yang diterima oleh tubuh jika mendonorkan darah secara rutin, ia mengajak masyarakat, organisasi sampai instansi di wilayah Kabupaten Karawang untuk donor darah

Masyarakat yang ingin melaksanakan kegiatan sosial donor darah, bisa datang langsung ke PMI Karawang yang bertepat di Jalan Jendral Ahmad Yani nomor 68, Bypass, Kelurahan Nagasari, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang. 

"Untuk persyaratannya mudah sekali, pelaksana kegiatan hanya harus melayangkan surat permohonan ke PMI Karawang lalu, menyediakan minimal 50 pendonor, menyediakan ruangan atau tempat yang steril dan untuk peralatan donor darahnya kami yang siapkan. Dan kegiatan tidak dipungut biaya atau gratis," pungkasnya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut