get app
inews
Aa Read Next : Real Count KPU Sementara Pileg DPRD Karawang : NasDem Tertinggi, Golkar-PKS Bersaing Ketat

Publik Yakin Jokowi Berikan Endorse Politiknya ke Prabowo Dibanding Ganjar, Ini Hasil Survei SPIN

Selasa, 09 Mei 2023 | 13:54 WIB
header img
(Foto : ilustrasi)

JAKARTA,iNewskarawang.id - Berdasarkan hasil temuan survei yang dilakukan Lembaga survey and Polling Indonesia (SPIN) pada akhir April-Mei 2023 ini menyebutkan, sebagian besar publik meyakini dukungan terbuka atau endorsement Presiden Joko Widodo (Jokowi) terhadap Prabowo Subianto dibandingkan Ganjar Pranowo

Direktur Eksekutif SPIN, Igor Dirgantara menyampaikan bahwa lembaganya coba mengukur sebesar besar publik tahu Presiden Jokowi memberikan dukungan terbuka terhadap Capres tertentu.

"Nah ternyata sebagian besar publik, 88,8% bahwa di dalam berbagai kesempatan Presiden Jokowi itu menunjukkan dukungannya terhadap Prabowo maupun Ganjar. Jadi hanya 19,7% publik yang nggak tahu," kata Igor dalam paparan hasil surveinya secara daring, Senin (8/5/2023).

Lebih jauh, SPIN juga menanyakan persepsi publik atau responden tentang siapa tokoh dari kedua nama tersebut yang diyakini akan didukung oleh Presiden Jokowi sebagai Capres di 2024 mendatang.

"Sebagian besar publik, 49,8% mengatakan pak Jokowi mengendorse pak Prabowo sebagai Capres dibandingkan 38,9% pak Jokowi mendukung pak Ganjar," ujarnya.

Survei SPIN ini dilakukan pada tanggal 27 April-4 Mei 2023 dengan menggunakan wawancara via sambungan telepon. Pengambilan sampel sendiri dilakukan dengan metode random digital dialing simple random sampling.

Adapun, jumlah responden yang dipilih dalam survei ini sebanyak 1.230 responden yang tersebar di 34 Provinsi Indonesia. Sementara, margin of error yang diterapkan sebesar ±2,8% dengan tingkat kepercayaan sebesar 95%.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut