get app
inews
Aa Read Next : Aneh dan Unik, Seorang Nenek Gegara Sering Menang Lotre Diselidiki

Ini Pidato Pertama Pangeran Wales Usai Penobatan Raja Charles III

Senin, 08 Mei 2023 | 11:35 WIB
header img
Pangeran Wales memberikan pidato pertama kalinya usai Penobatan Raja Charles III (Foto: BBC)

LONDON,iNewskarawang.id - Pangeran Wales telah memberikan penghormatan kepada Raja Charles yang disebutnya sebagai ‘Pa’. 

Hal itu dilakukannya sehari setelah Penobatan Raja Charles III.

William dalam pidatonya mengaku sangat bangga dengan sang ayah. Dia juga mengatakan jika mendiang Ratu Elizabeth II akan menjadi "ibu yang bangga".

Berbicara kepada orang banyak di Windsor Castle untuk konser Penobatan, William mengatakan neneknya "di atas sana, dengan sayang mengawasi kami".

Dia mengatakan akhir pekan ini "sangat penting" karena ini semua tentang pelayanan.

Menyoroti pencapaian Raja Charles selama 50 tahun terakhir, William berkata: "Pa, kami semua sangat bangga padamu."

Pidato William di atas panggung terjadi setelah penampilan Richie - dengan sang pangeran merujuk pada lagu hit penyanyi-penulis lagu AS itu.

"Saya tidak akan pergi sepanjang malam", yang membuat ayahnya tertawa, dikutip BBC.

Dalam pidatonya, William berterima kasih kepada semua orang karena menjadikannya "malam yang istimewa" sebelum beralih ke pentingnya akhir pekan.

"Seperti yang dikatakan nenek saya ketika dia dinobatkan, penobatan adalah pernyataan harapan kita di masa depan," katanya.

"Dan aku tahu dia ada di sana, dengan sayang mengawasi kita. Dia akan menjadi ibu yang bangga,” lanjutnya.

"Untuk semua perayaan yang luar biasa, inti dari arak-arakan adalah pesan sederhana. Layanan,” ujarnya.

Dia mengatakan bahwa setelah memasuki Westminster Abbey untuk kebaktian pada Sabtu (6/5/2023), kata-kata pertama yang diucapkan ayahnya adalah janjinya untuk terus melayani.

Pangeran memuji Raja karena memperingatkan tentang kerusakan lingkungan "jauh sebelum itu menjadi masalah sehari-hari", dan untuk pekerjaannya dengan Prince's Trust, badan amal yang didirikan Charles untuk mendukung kaum muda.

“Mungkin yang terpenting dari semuanya, ayah saya selalu mengerti bahwa orang dari semua agama, semua latar belakang, dan semua komunitas, pantas untuk dirayakan dan didukung,” katanya.

"Pa, kami semua sangat bangga padamu,” terangnya.

Sang pangeran mengucapkan terima kasih kepada mereka yang bertugas "di angkatan bersenjata, di ruang kelas, bangsal rumah sakit, dan komunitas lokal" sebelum memberikan sumpah pengabdiannya sendiri. 

Dia mengakhiri dengan mengatakan "God save the King", yang diulangi dengan keras oleh penonton sebelum lagu kebangsaan dinyanyikan.

Itu adalah pesan yang lembut dan tulus dari William. Ada unsur mengambil tongkat estafet di sini juga.

Pada konser Platinum Jubilee tahun lalu, Charles yang sebagai Pangeran Wales mengucapkan terima kasih kepada ibunya. Sekarang William sebagai Pangeran Wales yang memberikan suara terima kasih, melangkah ke peran pewaris.

Pewaris takhta itu juga membuat sumpahnya sendiri kepada bangsanya.

"Saya berkomitmen untuk melayani Anda semua. Raja, negara, dan Persemakmuran,” ujarnya.

Raja Charles dan Ratu Camilla - dengan warna senada dengan warna biru, dengan Ratu dalam pakaian biru tua - tersenyum dan melambai-lambaikan bendera mereka sendiri pada malam hari.

Princess of Wales hadir bersamanya dan anak tertua William, Pangeran George dan Putri Charlotte. Pangeran Louis, yang baru berusia lima tahun, tinggal di rumah setelah hari sibuknya pada momen Penobatan pada Sabtu (6/5/2023).

Duke dan Duchess of Edinburgh itu duduk di dekat Raja dan Ratu, dengan Perdana Menteri Rishi Sunak di belakang mereka. Pangeran Andrew, Duke of York, dan mantan istrinya Duchess of York, Sarah Ferguson, juga hadir, begitu pula Zara Tindall dan suaminya Mike.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut