get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

BMKG Bongkar Penyebab Cuaca Panas di Indonesia Saat Ini

Senin, 24 April 2023 | 07:14 WIB
header img
ilustrasi

JAKARTA, iNewsKarawang.id - BMKG telah memberikan penjelasan mengenai penyebab cuaca yang sangat panas di beberapa wilayah Indonesia. Menurut BMKG, ada lima faktor yang mempengaruhi terjadinya fenomena cuaca tersebut.

Menurut BMKG, salah satu penyebab terjadinya suhu panas di Indonesia adalah adanya dinamika atmosfer yang tidak biasa. Selain itu, wilayah Asia saat ini sedang mengalami gelombang panas.

"Suhu panas bulan April di wilayah Asia selatan secara klimatologis dipengaruhi oleh gerak semu matahari, lonjakan panas tahun 2023 terparah," ujar BMKG di Instagram, Minggu (23/4/2023).

BMKG juga menyatakan bahwa penyebab ketiga dari suhu panas yang terjadi adalah tren pemanasan global dan perubahan iklim. Gelombang panas atau 'heatwave' menjadi semakin mungkin terjadi hingga 30 kali lebih sering karena fenomena ini.

Kemudian, keempat adalah dominasi monsun Australia atau dengan kata lain Indonesia memasuki musim kemarau.

Penyebab terakhir, intensitas maksimum radiasi matahari pada kondisi cuaca cerah dan kurangnya tutupan awan. Tangerang Selatan menjadi wilayah dengan suhu paling panas di Indonesia. Suhunya mencapai 37,2 derajat celcius.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut