get app
inews
Aa Read Next : Berikut Tata Cara Sholat Idul Fitri 2024 Beserta Niatnya

Keutamaan Shalat Tarawih Malam Ke 17 Ramadhan, Simak Selengkapnya

Sabtu, 08 April 2023 | 20:00 WIB
header img
(Foto : ilustrasi)

JAKARTA, iNewskarawang.id - Bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah. Dimana selain menjalankan ibadah puasa, banyak alaman ibadah yang bisa dilakukan umat muslim selama bulan ramadhan seperti tadarus hingga shalat malam.

Adapun shalat malam yang hanya ada di bulan ramadhan yakni shalat tarawih. Dan pada malam ini, merupakan malam ke-17 ramadhan 1444 hijriyah.

Namun tahukah anda, terdapat keutamaan atau fadhilah sholat tarawih di malam ke 17 yang bertepatan dengan malam Nuzulul Quran.

Disebutkan dalam hadits menjalankan qiyamul lail yakni sholat tarawih, witir dan tahajud di bulan Ramadhan dihapuskannya dosa-dosa telah lalu dan amalnya dicatat seperti sholat semalam suntuk.

Ustaz Saiyidil Mahadhir dalam bukunya Bekal Ramadhan dan Idul Fitri mengungkapkan, ada dua hadits yang masyhur berkaitan dengan keutamaan sholat tarawih, yaitu:

Hadits pertama dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah saw bersabda:

‎مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim). 

Hadits kedua diriwayatkan Abu Daud dan Turmudzi, bahwa Rasulullah SAW telah bersabda:

‎مَنْ قَامَ مَعَ الإِمَامِ حَتَّى يَنْصَرِفَ كُتِبَ لَهُ قِيَامُ لَيْلَة

“Siapa saja yang ikut shalat tarawih berjemaah bersama imam sampai selesai maka untuknya itu dicatat seperti shalat semalam suntuk.” (HR. Abu Daud dan Turmudzi). 

Sholat tarawih merupakan salah satu amalan sunnah di Bulan Ramadhan. Sholat tarawih hukumnya sunnah dan dikerjakan.  

Dinamakan Tarawih karena orang yang melaksanakan shalat sunah di malam bulan Ramadhan beristirahat sejenak di antara dua kali salam. 

Fadhilah Sholat Tarawih Malam ke 17 Dalam Kitab Durrotun Nashihin sebagaimana dilansir dari laman Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah-KTB disebutkan fadhilah sholat tarawih malam ke 17 yakni, pahalanya seperti para Nabi. 

‎وفى الليلة السابعة عشرة يعطى مثل ثواب الانبياء

Artinya: Pada malam yang ke-17, yang tarawih akan diberi pahala sebagaimana pahalanya para nabi. Itulah fadhilah sholat tarawih malam ke 17 yang tidak boleh dilewatkan karena ada keistimewaan di dalamnya.


Artikel ini telah diterbitkan pada Link : (https://karanganyar.inews.id/amp/read/280742/keutamaan-sholat-tarawih-malam-ke-17-dapat-pahala-seperti-para-nabi)

Editor : Frizky Wibisono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut