get app
inews
Aa Read Next : Berikut Tata Cara Sholat Idul Fitri 2024 Beserta Niatnya

Berikut Keutamaan Sholat Berjamaah di Bulan Ramadhan

Jum'at, 31 Maret 2023 | 20:47 WIB
header img
lustrasi sholat berjamaah di masjid. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Setiap Muslim perlu mengetahui pentingnya sholat berjamaah. Dalam menunaikan sholat berjamaah, terutama sholat fardu di masjid, banyak pahala yang bisa didapatkan oleh kaum Muslimin, di antaranya adalah terhindar dari api neraka, musibah seperti wabah penyakit dan bencana alam, serta dapat memperlancar rezeki.

Fadilah sholat berjamaah sebagaimana riwayat dari Ibnu Umar radhiyallahu anhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

صَلَاةُ الْجَمَاعَةِ أَفْضَلُ مِنْ صَلَاةِ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِينَ دَرَجَةً

Artinya: "Sholat berjamaah lebih utama 27 derajat daripada sholat sendirian." (HR Bukhari)

"Sholat berjamaah memiliki banyak keutamaan, serta lebih baik daripada sholat sendirian," kata Ustadz Mumu Mudzakir, guru fikih Pondok Pesantren Al Masthuriyah, kepada Okezone, beberapa waktu lalu.

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam sangat menekankan pentingnya melaksanakan sholat berjamaah. Hal ini ditegaskan dalam salah satu riwayat hadis sebagai berikut:

عَنِ ابْنِ عُمَرَ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: «صَلَاةُ الْجَمَاعَةِ أَفْضَلُ مِنْ صَلَاةِ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِينَ دَرَجَةً»

Artinya: "Dari Ibnu Umar, sesungguhnya Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda: 'Sholat berjamaah itu sungguh lebih utama (afdhal) daripada sholat yang dilakukan dengan sendiri. (Ibarat) 1 berbanding dengan 27 derajat." (HR Bukhari dan Muslim)

Selain itu, terdapat keutamaan lain dalam melaksanakan sholat berjamaah, yaitu para malaikat akan diutus oleh Allah Subhanahu wa ta'ala untuk mengampuni dosa-dosa umat Islam yang melaksanakan sholat berjamaah, baik itu di masjid maupun di rumah. Hal ini menunjukkan betapa besar keberkahan yang terkandung dalam sholat berjamaah bagi kehidupan umat Muslim.

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Surah Al Baqarah Ayat 43:

وَأَقِيمُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتُوا۟ ٱلزَّكَوٰةَ وَٱرْكَعُوا۟ مَعَ ٱلرَّٰكِعِينَ

Wa aqimus-salata wa atuz-zakata warka'u ma'ar-raki'in

Artinya: "Dan dirikanlah sholat, tunaikanlah zakat, dan rukuklah beserta orang-orang yang rukuk." (QS Al Baqarah: 43)

Kemudian berikut ini adalah syarat-syarat melaksanakan sholat berjamaah, antara lain:

1. Ada imam sholat yang fasih bacaannya, baligh, serta paham tata cara salat berjamaah.

2. Ada makmum, yakni sebagai orang yang sholat mengikuti imam.

3. Gerakan makmum menyesuaikan dengan imam. Misalnnya ketika imam sujud, rukuk maka makmum harus mengikutinya. Namun dengan syarat gerakannya tidak mendahului, atau memperlambat.

4. Tempat sholat bisa dilakukan di masjid atau di rumah, atau di mana saja asalkan tempatnya suci dan terhindar dari najis. Namun yang lebih utama adalah salat berjamaah di masjid.

Wallahu a'lam bishawab.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut