get app
inews
Aa Read Next : Usai Lebaran 2023, Harga Bawang Merah hingga Beras Stabil 

Ini 6 Poin Krusial Perbaikan Jalur Mudik 2023

Sabtu, 08 April 2023 | 12:51 WIB
header img
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengantisipasi sejumlah titik rawan macet di beberapa ruas jalan nasional. Foto: PUPR

JAKARTA, iNewsKarawang.id — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengantisipasi sejumlah titik rawan macet di beberapa ruas jalan nasional dengan melakukan penyelesaian pekerjaan hingga penyiapan posko siaga sapta taruna untuk mendukung kelancaran dan kenyamanan arus lalu lintas pada libur Hari Raya Lebaran 2023

Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan sekaligus Juru Bicara (Jubir) Kementerian PUPR, Endra S Atmawidjaja, mengatakan saat ini Ditjen Bina Marga tengah memfokuskan pada penanganan dan perbaikan pada beberapa ruas, seperti akses Pelabuhan Merak, Pelabuhan Ciwandan, jalur Pantura dan penggantian Jembatan Callendar Hamilton. 

Pertama, perbaikan jalur mudik 2023 dilakukan dengan penanganan akses jalan menuju Pelabuhan Merak berupa pelebaran dan penataan bahu jalan Cikuasa Bawah dan Atas.

"Penanganan Cikuasa Bawah sepanjang 500 m saat ini progresnya mencapai 40% dan Cikuasa Atas 980 m progres saat ini 65%. Target penanganan setelah Lebaran 2023 meliputi pelebaran Jembatan Langon A dan penambahan lajur dari oprit Fly Over Merak sampai pintu pelabuhan," ujar Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan sekaligus Jubir Kementerian PUPR, Endra S Atmawidjaja dalam keterangan tertulis, Jumat (7/4/2023). 

Sementara untuk akses ke Pelabuhan Ciwandan, Pemkot Cilegon melakukan perbaikan dan pengaspalan jalan dan jembatan pada Jalan Aat Rusli. Selain itu, tengah dilakukan pelebaran atau perkerasan bahu jalan selebar 2m kiri dan 2m kanan dari Cilegon ke Pasauran sepanjang 5.8 km untuk mengakses Pelabuhan Ciwandan melalui Jalan Nasional Raya Anyer.  

Kedua, Jubir Endra mengatakan pihaknya melakukan penanganan longsor pada ruas Bogor-Sukabumi (Jembatan Cikereteg) dengan menyiapkan jembatan Bailey yang sudah dioperasikan secara fungsional sejak 13 Maret 2023.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut