get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Koalisi Besar Bisa Mengakomodir Kepentingan dari KIB dan KKIR, Ini Kata Pengamat Politik 

Rabu, 05 April 2023 | 21:10 WIB
header img
Ilustrasi

JAKARTA, iNewskarawang.id - Peleburan antara Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) dan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) akan mengakomodir kepentingan dari dua koalisi ini.

Demikian dikatakan Direktur Eksekutif Indonesia Political Power, Ikhwan Arif.

Menurut Ikhwan, distribusi kepentingan dari kedua koalisi ini akan mencapai titik temu bila Calon Presiden (Capres) dari KKIR dan Calon Wakil Presiden dari KIB.

"Kalau dilihat dari kedekatan antara koalisi pendukung pemerintah ini, salah satu kandidat terkuat yaitu Prabowo sebagai capres dan Airlangga sebagai cawapres," kata Ikhwan.

Menurut pengamatan Ikhwan, pasangan Prabowo-Airlangga merupakan representasi dari all president man yang mampu menjawab pertanyaan who is the next Jokowi. Sehingga pasangan ini mampu melanjutkan program dan kebijakan yang telah dicanangkan oleh Presiden Jokowi.

Ikhwan juga menyebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara terang-terangan merestui peleburan dua koalisi tersebut. Hal itu dilihat berdasarkan respon Jokowi yang positif dalam acara silaturahmi ramadan yang disenggarakan Minggu 2 April lalu.

Ikhwan menuturkan, dukungan dari Jokowi akan berimbas positif pada mengalirnya dukungan dari pemilih Jokowi pada Pemilu sebelumnya kepada Koalisi Indonesia Raya Bersatu ini. Menurutnya, akan terjadi migrasi dari pemilih Jokowi ke pemilih Prabowo-Airlangga.

"(Ini) karena ada kemiripan pemilih, sehingga bisa mendorong kekuatan besar dalam meraup suara pemilih nantinya," pungkas Ikhwan.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut