get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Erick Thohir Beberkan 2 Instruksi Presiden Jokowi Usai Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia

Jum'at, 31 Maret 2023 | 16:46 WIB
header img
Erick Thohir beberkan 2 instruksi Presiden Jokowi usai Indonesia batal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 (Foto: istiewa)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Usai membaca surat dari FIFA terkait pencabutan status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 Ketum (Ketua Umum) PSSI, Erick Thohir, membongkar 2 instruksi dari Presiden Jokowi. Hal itu disampaikan Erick Thohir kepada awak media termasuk MNC Portal Indonesia di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat 31 Maret 2023 siang WIB.

"Satu segera membuat peta biru transformasi sepak bola Indonesia yang seperti bapak Presiden sudah sampaikan pada saat saya baru saja menjadi ketua PSSI bersama para exco yang hadir. Bapak presiden menekankan ini harus segera selesai dan harus segera disampaikan kepada FIFA," ujar Erick Thohir.

Lebih lanjut, pria yang juga menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara itu juga mengatakan Presiden Jokowi menginstruksikan agar pihaknya kembali bertemu FIFA. Hal itu dilakukan agar Federasi Sepakbola Dunia tersebut tidak memberikan sanksi berat untuk Indonesia terkait batal sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

"Yang kedua bapak Presiden juga menginstruksikan secara langsung kepada saya untuk segera kembali membuka pembicaraan bersama FIFA untuk kita tetap menjadi bagian keluarga besar FIFA," lanjut Erick Thohir.

Ya, saat ini Indonesia tengah terancam mendapatkan sanksi berat dari FIFA. Pasalnya, Indonesia gagal menjalankan mandat FIFA sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Sejatinya, kompetisi itu akan diselenggarakan pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023 mendatang. Namun, hal itu urung terjadi akibat FIFA mencabut status tuan rumah dari Indonesia.

Diketahui, pembatalan tersebut dikarenakan adanya penolakan terhadap salah satu kontestan Piala Dunia U-20 2023. Kontestan yang dimaksud yakni Timnas Israel U-20.

Dengan demikian, FIFA akhirnya secara resmi menarik status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Saat ini, menurut kabar yang beredar Argentina menjadi kandidat kuat untuk menggantikan Indonesia sebagai tuan rumah kompetisi itu.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut