get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Timnas Indonesia Kemungkinan Main dari Babak Pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia!

Rabu, 29 Maret 2023 | 20:26 WIB
header img
Timnas Indonesia akan memulai Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dari babak pertama. (Foto: PSSI)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Sekadar diketahui, Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dimulai per Oktober 2023.
Kalah ranking FIFA dari Malaysia, Timnas Indonesia berpotensi main dari babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. 

Kemudian negara-negara yang menempati peringkat 26-47 Asia akan main di babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Lantas, di posisi berapakah Timnas Indonesia saat ini?

Timnas Indonesia yang menempati peringkat 150 dunia (versi FootyRankings), kini menduduki posisi 28 Asia. Sesuai regulasi, Timnas Indonesia akan menjalani dua laga kandang dan tandang bersua salah satu dari penghuni peringkat 26-47 Asia.

Sejatinya Timnas Indonesia bisa langsung lolos ke babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Syaratnya, skuad Garuda mesti menembus peringkat 25 Asia, alias menggeser Malaysia.

Sesuai peringkat, Malaysia kini menempati peringkat 138 dunia atau 25 di Asia. Sayangnya, butuh usaha superekstra bagi Timnas Indonesia untuk mengejar perolehan poin Malaysia.

Sebab, poin Timnas Indonesia dan Malaysia teramat jauh. Ketika Timnas Indonesia mengoleksi 1,046.14 poin, Malaysia sudah mengemas 1,082.13 angka. Bisa dibilang hanya kejaiban yang membuat Timnas Indonesia bisa mengejar perolehan poin Malaysia, mengingat drawing sudah sangat dekat.

Lantas, kapan drawing dilakukan? Jadwal drawing sendiri masih abu-abu. Jika mengacu kepada babak pertama yang digelar Oktober 2023, Timnas Indonesia mempunyai waktu di FIFA Matchday Juni dan September 2023 untuk mempertipis jarak dengan Malaysia.

Jika pada akhirnya Timnas Indonesia tampil di babak ini dan meraih kemenangan, skuad Garuda lolos ke babak kedua. Babak kedua babak diikuti 11 tim yang lolos dari babak pertama plus negara-negara yang menempati peringkat 1-25 Asia (total ada 36 tim).

Nantinya, 36 tim itu dibagi ke dalam sembilan grup, yang mana masing-masing grupnya berisikan empat negara. Singkat kata, Asia memiliki delapan wakil untuk lolos otomatis ke Piala Dunia 2026 yang dilangsungkan di Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut