get app
inews
Aa Read Next : Kehilangan 9 Pemain Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023, Kabarnya Shin Tae-yong Ngamuk?

Timnas Indonesia Taklukkan Burundi di FIFA Matchday Maret 2023, Skor 3-1

Minggu, 26 Maret 2023 | 08:33 WIB
header img
Selebrasi Yakob Sayuri usai cetak gol di laga Timnas Indonesia vs Burundi. (Foto: Aldhi Chandra/MPI)

BEKASI, iNewsKarawang.id - Pada laga FIFA Matchday Maret 2023, pada Sabtu (25/3/2023) malam WIB, Tim Nasional (Timnas) Indonesia berhasil menaklukkan Burundi dengan skor 3-1 .

Gol kemenangan Timnas Indonesia  dicetak oleh Yakob Sayuri pada menit keenam, Dendy Sulistyawan di menit ke-14, dan Rizky Ridho pada menit 42. Laga tersebut berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat.

Diketahui dalam laga tersebut penampilan pasukan Shin Tae-yong memang luar biasa di babak pertama. Terutama di 15 menit pertama karena dua gol skuad Garuda pun tercipta berkat serangan bertubi-tubi yang dilancarkan oleh Stefano Lilipaly danoo kawan-kawan.

Lalu di babak kedua Timnas Indonesia kesulitan menghadapi permainan Burundi. Bahkan tim peringkat 141 itu mampu mencetak gol lewat aksi Niyongabire Pacifique di menit 51.o

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Saat kickoff, Burundi sempat menyerang dan membahayakan lini belakang o Indonesia. Namun, Jordi Amat cs mampu mengatasinya dengan baik.

Lalu ketika laga memasuki menit keenam, Yakob Sayuri berhasil mencetak gol untuk Timnas Indonesia. Berawal dari umpan silang Stefano Lilipaly dari sisi kanan pertahanan Burundi, Yakob yang berlari langsung menyambut bola dapat menyundul bola dengan baik dan gol untuk Timnas Indonesia.

Ketika sudah unggul 1-0, Timnas Indonesia semakin semangat untuk menyerang. Pada menit ke-10, giliran Yakob yang memanjakan Lilipaly lewat umpannya.

Sayang, Lilipaly yang sudah berada di mulut gawang tak berhasil memasukkan bola. Sundulan Borneo FC tersebut masih mampu diantisipasi oleh kiper Burundi, Mutombora Fabien.

Tak menyerah, Lilipaly cs terus menyerang. Alhasil, Dendy pun berhasil mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-14

Memanfaatkan kemelut yang terjadi di mulut gawang Burundi, Dendy yang berdiri bebas berhasil menerima umpan dari Asnawi dan dengan mudah ia memasukkan bola.

Setelahnya, beberapa kali Timnas Indonesia mendapatkan peluang. Sementara tim tamu pun mulai menemukan ritme, hingga beberapa kali mengancam gawang skuad Garuda.

Kendati demikian, jelang laga berakhir Timnas Indonesia berhasil menambah keunggulan menjadi 3-0 berkat gol dari Rizky Ridho pada menit 42. Rizky memanfaatkan kesalahan antisipasi kiper Burundi yang gagal membuang bola dengan baik usai tendangan pojok, Rizky yang mendapatkan bola langsung melepaskan tendangan voli yang masuk ke gawang Burundi.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Shin Tae-yong menarik Rachmat Irianto untuk digantikan dengan Syahrian Abimanyu. Sementara Burundi tercatat melakukan dua pergantian pemain.

Kehadiran dua pemain tersebut tercatat berpengaruh besar terhadap permainan Burundi. Sebab tim tamu dapat menekan pertahanan Timnas Indonesia.

Bahkan pada menit ke-51, Burundi sukses memperkecil ketertinggalan lewat gol Pacifique Niyongabire. Berawal dari umpan panjang yang mengarah ke Pacifique, sang pemain dapat menggiring bola ke gawang.

Menariknya sebelum melepas tendangan, Pacifique sempat menggocek Elkan Baggott dan Pratama Arhan untuk dapat mencetak gol. Kedudukan menjadi 3-1 untuk keunggulan Timnas Indonesia atas Burundi.

Setelahnya Burundi masih terus menekan. Jordi Amat, Rizky Ridho, dan Elkan Baggott pun tampak kewalahan menahan serangan bertubi-tubi yang dilancarkan Timnas Burundi.

Pada menit 68, Shin Tae-yong pun memainkan Edo Febriansyah, Witan Sulaeman, dan Ramadhan Sananta. Tak lama Riko Simanjuntak juga dimainkan.

Dengan masuknya empat pemain baru, Shin Tae-yong tampaknya berharap bisa mengubah tempo permainan. Namun, nyatanya Burundi masih dapat mendominasi sisa babak kedua.

Bahkan pada menit 85, gawang Timnas Indonesia benar-benar terancam. Beruntung, Syahrul dapat bermain apik dan mengantisipasi bola dengan baik.

Tak lama wasit meniupkan peluit panjang. Timnas Indonesia pun berhasil mengunci kemenangan dengan skor 3-1.

Berikut Daftar Line Up Timnas Indonesia vs Burundi:

Timnas Indonesia XI (3-4-3): Syahrul Trisna; Rizky Ridho, El

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut