get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Niat Mandi Puasa Ramadhan Lengkap Bacaan Arab, Latin dan Artinya

Rabu, 22 Maret 2023 | 18:00 WIB
header img
Ilustrasi (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Dalam artikel ini akan dibahas niat mandi puasa Ramadhan latin, Arab dan artinya lengkap akan dibahas dalam artikel ini. Berbagai ibadah bisa dilakukan oleh kaum Muslimin menjelang bulan Ramadhan.

Salah satu ibadah yang dilakukan adalah mandi puasa Ramadhan. Dalam Islam, ada beragam mandi, seperti mandi untuk menghadiri Sholat Jumat, mandi untuk menghadiri sholat ‘ied, mandi bagi orang yang memandikan jenazah, dan mandi untuk sholat gerhana, dan lainnya.

Menurut penjelasan Syekh Ibrahim al-Bajuri dalam kitabnya Hasyiyah al-Bajuri (1/81) berikut:

و بقية الأغسال المسنونة مذكورة في المطولات منها الغسل لدخول المدينة الشريفة...ولكل ليلة من رمضان و قيده الأذرعي بمن يحضر الجماعة والمعتمد عدم التقييد بذالك

Artinya: "Dan sisa mandi-mandi yang disunnahkan telah disebutkan dalam kitab-kitab yang panjang pembahasannya. Di antaranya adalah membersihkan badan karena hendak memasuki Kota Madinah, dan setiap malam di bulan Ramadhan. Imam al-Adzra’i hanya membatasi pada orang yang hendak menghadiri berjamaah, sementara menurut pendapat yang kuat tidak ada pembatasan dalam hal itu."


Dalam pelaksanaannya, mandi puasa Ramadhan dilaksanakan pada setiap malam hari. Akan tetapi menurut Imam al-Adzra’i berpendapat bahwa yang dimaksud malam Ramadhan hanya bagi orang yang siangnya hendak melaksanakan Sholat Jumat (malam Jumat), tetapi pendapat yang lebih kuat adalah berlaku bagi setiap malam, tidak terbatas pada malam Jumat.

Niat Mandi Puasa Ramadhan Latin, Arab dan Artinya Lengkap

Latin:

Nawaitu adâ’al ghuslil masnûni lî fî hadzihil lailatil min romadh lillâhi ta’âlâ.

Arab:

نَوَيْتُ أَدَاءَ اْلغُسْلِ اْلمَسْنُوْنِ لِيْ فِيْ هَذِهِ اللَّيْلَةِ مِنْ رَمَضَانَ لله تَعَالَى

Artinya: “Aku berniat menjalankan mandi yang disunnahkan kepadaku pada malam ini di bulan Ramadhan karena Allah Ta’ala.”

Itulah niat mandi puasa Ramadhan latin, Arab, dan artinya lengkap. Wallahu a'lam bisshawab.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut