Logo Network
Network

Mendapatkan Berkah di Bulan Ramadhan, Inilah Doanya! 

Destriana Indria Pamungkas/Boby
.
Minggu, 19 Maret 2023 | 12:52 WIB
Mendapatkan Berkah di Bulan Ramadhan, Inilah Doanya! 
Ilustrasi (Foto:Freepik)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Demi mendapatkan pahala dan keberkahan.inilah doa agar mendapatkan berkah di bulan Ramadhan dalam melakukan kebaikan.

Menurut Ustadz Ainul Yaqin, jika pada bulan Ramadhan hendaknya memperbanyak doa karena hal tersebut merupakan amalan saleh yang sengaja dianjurkan.

Adapun doa agar mendapatkan keberkahan di bulan Ramadhan adalah sebagai berikut:

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا دَخَلَ رَجَبٌ، قَالَ: ” اللهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبٍ وَشَعْبَانَ، وَبَارِكْ لَنَا فِي رَمَضَانَ “

Dari Sahabat Anas bin Malik, ia berkata: Nabi Muhammad bersabda ketika memasuki waktu bulan Rajab: "Ya Allah, Berkahilah kami di Bulan Rajab dan Sya’ban. Ya Allah, Berkahilah kami di Bulan Ramadhan." (HR. Ahmad)

Selain itu, dikutip dari laman Nu Online, Jumat (17/3/2023), Imam Al Nawawi dalam al-Majmu’ Syarah al-Muhadzdzab mensunnahkan untuk membaca doa berikut ini ketika melihat hilal atau tanda awal bulan Ramdhan:

يستحب أن يدعو عند رؤية الهلال بما رواه طلحة بن عبيد الله رضي الله عنه أن النبي صلى الله عليه وسلم كان إذا رأى الهلال قال اللهم أهله علينا باليمن والإيمان والسلامة والإسلام ربي وربك الله


Artinya, “Ya Allah jadikanlah hilal (bulan) ini bagi kami dengan membawa keberkahan, keimanan, keselamatan, dan keislaman. Tuhanku dan Tuhanmu (wahai bulan) adalah Allah.”

Lebih lanjut lagi, pada bulan suci Ramadhan umat muslim juga diwajibkan untuk menjalankan puasa selama sebulan penuh. Bagi siapa saja yang bisa menjalankan puasa Ramadhan selama sebulan penuh dengan ikhlas maka Allah SWT berjanji akan melimpahkan pahala.

Sebagaiman sabda Rasulullah SAW berikut ini;

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya: "Barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya di masa lalu akan diampuni." (HR. Bukhari dan Muslim).

Itulah informasi mengenai Doa agar Mendapatkan Berkah di Bulan Ramadhan. Wallahu a'lam bisshawab.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini