Logo Network
Network

Gunung Merapi Kembali Erupsi, Muntahkan Lava Pijar dan Awan Panas sejauh 1,3 Km 

Gunanto Farhan/Boby
.
Sabtu, 18 Maret 2023 | 20:12 WIB
Gunung Merapi Kembali Erupsi, Muntahkan Lava Pijar dan Awan Panas sejauh 1,3 Km 
Gunung Merapi kembali erupsi dengan mengeluarkan dua kali semburan awan panas disertai lava pijar sejauh 1,3 km mengarah barat daya, Jumat malam (17/3/2023). Foto/BPPTKG

SLEMAN, iNewsKarawang.id - Diketahui pada Jumat malam (17/3/2023) erupsi Gnung Merapi kembali terjadi dengan mengeluarkan dua kali semburan awan panas disertai lava pijar.

Akan tetapi semburan awan panas dengan membawa material vulkanik meluncur sejauh 1,3 km mengarah barat daya. Muntahan lava dan semburan awan panas tersebut terekam kamera pengawas CCTV Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta.

Rekaman kamera CCTV mengambarkan material vulkanik berupa awan panas guguran yang disertai dengan lava pijar yang kembali dilontarkan dan meleleh dari Gunung Merapi. Data Seismogram BPPTKG Yogyakarta mencatat, semburan vulkanik awan panas guguran ini terjadi sebanyak dua kali pada pukul 18.07 WIB dan 19.30 WIB ke arah barat daya.

 Aktivitas vulkanik yang masih fluktuatif ini membuat status Level 3 Siaga Gunung Merapi masih tetap dipertahankan.

Masyarakat sekitar lereng Gunung Merapi diimbau tidak melakukan aktivitas dalam radius 5-7 km dari puncak. Selain itu terus mewaspadai potensi ancaman semburan yang dapat kembali terjadi sewaktu-waktu.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini