get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Mengenai  10 Nama Mulia Malam Nisfu Syaban Lengkap Beserta Artinya

Selasa, 07 Maret 2023 | 18:08 WIB
header img
Ilustrasi nama-nama mulia malam Nisfu Syaban. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Sebagaimana diketahui berdasarkan penghitungan saat ini tanggal 1 Syaban 1444 Hijriyah bertepatan dengan hari Rabu 22 Februari 2023 Masehi. Artinya, malam Nisfu Syaban yang jatuh pada 15 Syaban atau bertepatan 7 Maret 2023 selepas magrib.

Berikut ini beberapa nama mulia lainnya bagi malam Nisfu Syaban, sebagaimana dihimpun dari laman Lirboyo dan NU Online:

1.Lailatul Maghfirah

Malam Nisfu Syaban juga disebut sebagai lailatul maghfirah atau malam penuh ampunan. Oleh karena itu, dianjurkan memperbanyak amalan salih untuk mendapatkan rahmat dari Allah Subhanahu wa Ta'ala.

2. Lailatul Syafa'ah

Malam Nisfu Syaban disebut juga dengan lailatul syafa’ah yang berarti malam penuh pertolongan. Menurut Al-Hafiz Syekh Salim As-Sanhuri, pada malam pertengahan bulan Syaban menjadi malam sempurnanya syafaat. Hal itu dimulai sejak tanggal 13 bulan Syaban.

3. Lailatul Hayah

Malam Nisfu Syaban juga disebut lailatul hayah atau malam yang hidup. Barang siapa yang mengisi malam tersebut dengan ibadah, maka hatinya akan senantiasa hidup.

4.Lailatul Itqi 

Malam Nisfu Syaban disebut juga sebagai lailatul itqi atau malam pembebasan. Maka itu, setiap Muslim dianjurkan memperbanyak ibadah agar terbebas dari keburukan di dunia hingga akhirat.

5.Lailatul Qismah

Malam Nisfu Syaban juga dikenal dengan lailatul qismah wa at-taqdir atau malam pembagian dan penentuan takdir. Jadi, setiap Muslim selalu berbuat kebaikan Insya Allah akan meraih takdir yang baik pula di kemudian hari.

6. Lailatul Mubarakah

Lailatul Mubarakah atau malam yang diberkahi. Pada malam pertengahan bulan Syaban ini para malaikat turun ke langit dunia dan menebar kebaikan kepada manusia.

Pada malam itu, jarak antara manusia dengan para malaikat sangat dekat. Kedekatan tersebut menjadi keberkahan tersendiri yang hanya diberikan kepada umat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam.

Selain itu pada malam pertengahan bulan Syaban, keberkahan juga dirasakan dengan bertambahnya air zamzam. Sebab pada malam itu air zamzam akan bertambah dengan tambahan yang sangat nyata dan bisa disaksikan dengan mata kepala manusia.

7.Lailatul At-Takfir

Lailatul At-Takfir adalah malam penghapusan dosa. Alasan di balik penamaan ini tidak lain karena pada malam tersebut Allah Subhanahu wa Ta'ala mengampuni semua dosa-dosa para hamba-Nya yang Muslim selama satu tahun, terhitung sejak malam tersebut hingga malam pertengahan bulan Syaban berikutnya. 

8. Lailatul Al Ijabah

Lailatul Al Ijabah adalah malam diterimanya doa. Di antara keistimewaan malam pertengahan bulan Syaban adalah diterimanya semua doa yang dipanjatkan oleh hamba-hamba Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Lailatul Al Baraah

Lailatul Al Baraah atau malam pembebasan. Di antara nama-nama malam pertengahan bulan Syaban adalah malam pembebasan. Hal ini disebabkan pada malam itu Allah Subhanahu wa Ta'ala mencatat kebebasan bagi hamba-hamba-Nya yang beriman dari neraka; baik yang taat atau ahli maksiat.

10. Lailatul Al Jaizah 

Lailatul Al Jaizah atau malam hadiah. Alasan di balik penamaan malam pertengahan bulan Syaban dengan nama ini tidak lain karena malam mulia ini hanya diberikan kepada umat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam, tidak bagi umat nabi-nabi sebelumnya.

Demikian penjelasan mengenai 10 nama mulia malam Nisfu Syaban. Wallahu a'lam bisshawab. 

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut