get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Angka Pernikahan di Karawang Alami Penurunan, Ini Penyebabnya kata Kementerian Agama

Senin, 27 Desember 2021 | 17:30 WIB
header img
Ilustrasi pernikahan (Foto: Okezone/Istimewa)

Karawang, iNews. - Penurunan angka pernikahan di Kabupaten Karawang menurun drastis. Dampak dari pandemi Covid-19 tidak hanya mempengaruhi pada perekonomian saja, namun menyebabkan penurunan angka pernikahan di Kabupaten Karawang.

Menurut data yang diperoleh dari Seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas), Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Karawang, per November 2021, hanya ada 13.798.

Hal tersebut juga disampaikan oleh Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas), Yakub Lubis Alfauzie, penurunan angka pernikahan terlihat jelas di setiap tahunnya, pada tahun ini turun sekitar 30 persen dari tahun 2020 yang berjumlah 15.449 pasangan.

"Ketatnya prokes menjadikan beberapa pelaksanaan pernikahan diundur dan bahkan dibatalkan. Selain itu, aturan saat ini minimal 19 tahun baru bisa menikah,"ujarnya. Senin, (27/12/21).

Faktor lain yang mengakibatkan penurunan angka pernikahan di Kabupaten Karawang, yakni banyaknya para pekerja yang diberhentikan karena pandemi dan banyak pernikahan yang tidak terlapor ke Kemenag.

Selain memantau angka pernikahan, Kemenag Kabupaten Karawang juga berupaya menekan angka pernikahan di bawah umur di Kabupaten Karawang.

Dalam rangka menekan pernikahan dibawah umur, Bimas Kemenag Kabupaten Karawang gencar melakukan sosialisasi ke masyarakat.

"Dalam mengedukasi, kita juga menyambangi sekolah, komunitas, dan berbagai elemen masyarakat, karena masih ada yang tidak tahu aturan pernikahan yang ada di Indonesia ini, ". Ujar Yakub.

Sebagai penutup, ia pun menyampaikan harapannya mengenai edukasi pernikahan lingkup keluarga.

"Orangtua juga harus ikut serta dalam mengedukasi anak, demi menjaga sang buah hati, juga menghidari hal-hal yang tidak diinginkan,"Pungkasnya.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut