get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

4 Menu Makanan Berkuah yang Cocok Disantap saat Musim Hujan

Kamis, 02 Maret 2023 | 11:56 WIB
header img
4 Menu Makanan Berkuah yang Cocok Disantap saat Musim Hujan (Foto : istimewa)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Mengonsumsi makanan sehat dikala musim hujan datang tentunya sangatlah baik untuk tubuh kita. Selain menjadi suplai tambahan energi pada tubuh, mengonsumsi makan sehat juga bisa mencegah tubuh kita dari berbagai penyakit.

Selain itu, bagi sebagian orang juga akan lebih cepat merasa lapar saat musim hujan tiba. Dan kerap kali makanan berkuah menjadi pilihan tepat untuk dikonsumsi saat cuaca dingin di musim hujan.

merangkum dari berbagai sumber, Kamis, (2/3/2023) berikut deretan makanan berkuah yang cocok dikonsumsi saat cuaca dingin atau sedang musim hujan.

1. Mie ebus

Salah satu mi yang cocok disantap ketika hujan adalah mie godhog atau mi rebus. Makanan khas Jawa Tengah ini selalu disajikan dalam kondisi panas. Mi berkuah tersebut dimasak dengan campuran rempah-rempah yang akan memberikan efek yang baik bagi kesehatan. Selain itu mi rebus dinilai sehat karena dilengkapi dengan aneka sayuran seperti kubis, sawi, tomat, serta suwiran ayam kampung rebus.

2.Bakso

Kuah bakso yang gurih dan lezat mampu menghangatkan tubuh dan sangat cocok di santap saat musim hujan yang dingin. Selain itu Anda juga bisa menentukan berbagai jenis bakso sesuai dengan selera. Misalnya bakso polos, bakso urat, bakso telur, bakso tahu, pangsit dan lain sebagainya.

3. Rawon

Makanan berkuah hitam pekat khas Jawa Timur ini juga bisa menjadi pilihan santapan Anda saat musim hujan. Kluwek yang digunakan untuk memberikan warna hitam pekat pada masakan ini merupakan biji yang berasal dari tanaman kepayang.

Di balik kepekatan warnanya, kluwek mengandung zat besi dan vitamin C. Vitamin C dikenal sebagai sumber anti oksidan yang bisa meningkatkan daya tahan supaya tubuh tidak rentan sakit dan terserang virus. Terlebih, kluwek memiliki sifat anti septik dan zat anti mikroba untuk menyehatkan sistem pencernaan dan menawar racun.

4. Soto

Menu yang satu ini bisa Anda jumpai di berbagai daerah di Indonesia dengan kekhasannya masing-masing. Pada dasarnya, soto dimasak menggunakan kunyit dan jahe. Jahe yang dimasak dengan campuran beberapa rempah lainnya memang sangat cocok jika disantap ketika cuaca sedang dingin atau hujan.

Jahe memiliki fungsi untuk menghangatkan tubuh serta memancing produksi keringat. Selain itu, jahe memiliki kandungan anti inflamasi dan anti bakteri yang membantu mengatasi hidung tersumbat, mual, pilek, dan demam. Jika soto yang dimasak menggunakan kunyit, maka kandungan curcuminnya mampu meningkatkan resistensi sel terhadap kerusakan, infeksi, dan peradangan.

Artikel ini telah diterbitkan pada Link : (https://lifestyle.okezone.com/amp/2020/10/30/298/2301562/4-makanan-berkuah-yang-cocok-disantap-saat-musim-penghujan)

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut