get app
inews
Aa Read Next : Polres Karawang Meriahkan HUT Bhayangkara ke-77 Lewat Operasi Pasar Murah

Operasi Pembebasan Dipimpin Jenderal Kopassus , KKB Terdesak !

Kamis, 23 Februari 2023 | 21:02 WIB
header img
Brigjen JO Sembiring/Tangkapan layar media sosial

TIMIKA, iNewsKarawang.id - Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI JO Sembiring memimpin  Operasi Damai Cartenz dalam melakukan pencarian Pilot Susi Air Kapten Philips Mark Mahrtens yang disandera oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya.Saat ini, KKB teroris mulai terpecah karena operasi tersebut

Diketahui Brigjen TNI JO Sembiring 
merupakan Jenderal Kopassus Ahli Perang Hutan. 

Bahkan, KKB teroris meminta senjata api dan amunisi untuk dibarter atau ditukar dengan pilot Susi Air yang masih disandera.

"Memang benar Egianus ajukan sejumlah permintaan di antaranya senjata api dan amunisi yang akan ditukar dengan pilot asal Selandia Baru, Philip Mark Merthens, ungkap Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius Fakhiri di Timika, dilansir Antara, Kamis (23/2/2023).

Ditegaskan, permintaan itu tidak mungkin dipenuhi karena berbahaya dan dapat mengganggu keamanan serta menimbulkan korban jiwa. "Sudah dipastikan tidak akan dipenuhi permintaan tersebut," tegas Kapolda Papua.

Kapolda mengaku, saat ini upaya pembebasan sandera pilot berkebangsaan Selandia Baru terus dilakukan dengan mengedepankan negosiasi guna menghindari jatuhnya korban.

"Butuh waktu untuk menuntaskan-nya, namun itu dibutuhkan agar upaya pembebasan pilot Susi Air berhasil dilakukan tanpa ada korban jiwa,” harap Fakhiri.

Diakui, saat ini sandera bersama Egianus Kogoya sudah tidak berada di Paro atau wilayah lainnya di Kabupaten Nduga, karena mereka sudah bergeser dan masuk ke kabupaten lain yang ada di sekitarnya.

"Benar, Egianus dan kelompoknya yang membawa pilot Philip sudah bergeser dan anggota TNI-Polri terus berupaya memonitor pergerakannya,”ujarnya.

"Mudah-mudahan TNI-Polri bisa segera membebaskan pilot Philip tanpa menimbulkan korban, termasuk masyarakat," tutup Kapolda Papua.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut