get app
inews
Aa Read Next : Breaking News: Pulau Karatung Sulut Diguncang Gempa Besar Berkekuatan M7,0

Ribuan Ikan Naik ke Daratan di Jakut, BMKG: Ada Perbedaan Oksigen di Permukaan Laut

Rabu, 22 Februari 2023 | 21:17 WIB
header img
Fenomena ikan naik ke daratan (Foto: tangkapan layar medsos)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), terjadi fenomena ribuan ikan yang bermigrasi ke daratan di Pantai Utara Jakarta, tepatnya di Cilincing, Jakarta Utara, sebagai dampak dari perubahan iklim.

Menurut Eko Prasetyo, Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG, fenomena langka ini terjadi ketika terjadi pasang air laut dan disertai angin yang bertiup kencang.

"Saat ini muncul kembali fenomena naiknya ribuan ikan khususnya di Pantai Utara Jakarta Cilincing Jakarta Utara. Fenomena ini dibarengi oleh fase pasang maksimum sisi gelombang tinggi satu setengah hingga dua meter," kata Eko saat dikonfirmasi, Rabu (22/2/2023).

Eko menjelaskan bahwa saat ikan bermigrasi ke daratan seperti itu, seringkali disebabkan oleh angin yang cukup kuat, yang dapat mencapai kecepatan 20 hingga 25 km/jam.

"Penyebab utama fenomena ini adanya perbedaan oksigen di lapisan dalam dan permukaan laut. Penyebab lain diantaranya terjadinya proses perpindahan massa air laut di dalam naik ke permukaan dengan membawa unsur-unsur hara tentunya di sini adalah peran dari kesuburan air laut itu sendiri," terang Eko.

Melihat fenomena ikan terbang ke daratan ini kerap terjadi, Eko memastikan jika masyarakat tidak perlu khawatir hingga panik. Pasalnya, kondisi tersebut tidak berkaitan akan terjadi tsunami ataupun gempa bumi.

"Terkait berita-berita ancaman bahaya dengan terjadinya potensi terjadinya gempa bumi dan tsunami masyarakat tidak perlu panik adanya berita-berita yang mengaitkan hal tersebut dengan fenomena naiknya ikan di darat terus ikuti informasi maritim di BMKG," Tandasnya.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut