get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Berikut Sejumlah Peristiwa  Penting yang Terjadi pada 17 Februari Baik Dalam Maupun Luar Negeri

Jum'at, 17 Februari 2023 | 16:13 WIB
header img
Illustrasi Tsunami (foto: dok BMKG)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Diketahui, pada 17 Februari ada beberapa peristiwa bersejarah baik dalam maupun luar negeri yang telah terjadi, salah satunya peristiwa gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Ambon.

Berikut sejumlah peristiwa dan kejadian penting pada 17 Februari yang dirangkum Okezone, bersumber dari Wikipedia, seperti berikut ini :


1. Gempa bumi dan megatsunami Ambon

Gempa bumi Ambon terjadi pada 17 Februari tahun 1674 antara pukul 19.30 dan 20.00 waktu setempat di suatu tempat di Kepulauan Maluku. Tsunami yang dihasilkan mencapai ketinggian hingga 100 meter di Pulau Ambon dan menewaskan lebih dari 2.000 orang.

Tsunami ini adalah tsunami pertama di Indonesia yang terdokumentasi secara rinci. Tsunami ini juga merupakan tsunami terbesar yang pernah tercatat dalam sejarah di Indonesia.

2. Gempa bumi dahsyat di Pulau Biak

Gempa bumi Biak terjadi pada 17 Februari pukul 14:59:30 local time di dekat Pulau Biak, Indonesia. Gempa ini berkekuatan momen 8,2 dan intensitas Mercalli VIII.

Tinggi tsunami yang ditimbulkan mencapai 7 meter (23 ft). 166 orang dilaporkan tewas, 423 orang luka-luka, dan 5.090 orang kehilangan tempat tinggal.

3. Kelahiran Buya Hamka

Abdul Malik Karim Amrullah Datuk Indomo atau yang populer dengan nama pena Hamka adalah seorang ulama dan sastrawan Indonesia. Ia berkarier sebagai wartawan, penulis, dan pengajar. Ia lahir pada 17 Februari 1908 dan meninggal dunia di 24 Juli 1981.

Ia sempat berkecimpung di politik melalui Masyumi sampai partai tersebut dibubarkan, menjabat Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) pertama, dan aktif dalam Muhammadiyah hingga akhir hayatnya.

Universitas al-Azhar dan Universitas Nasional Malaysia menganugerahkannya gelar doktor kehormatan. Sementara Universitas Moestopo, Jakarta mengukuhkan Hamka sebagai guru besar.

Namanya disematkan untuk Universitas Hamka milik Muhammadiyah dan masuk dalam daftar Pahlawan Nasional Indonesia.

4. Hari Lahir Michael Jordan

Michael Jeffrey Jordan lahir 17 Februari 1963. Ia adalah pemain bola basket profesional asal Amerika. Ia merupakan pemain terkenal di dunia dalam cabang olahraga itu.

Setidaknya, enam kali merebut kejuaraan NBA bersama kelompok Chicago Bulls (1991-1993, 1996-1998). Ia memiliki tinggi badan 198 cm dan merebut gelar pemain terbaik.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut