get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Manfaat Daun Sukun untuk Kesehatan, Bisa Bantu Pengobatan Diabetes!

Kamis, 16 Februari 2023 | 11:29 WIB
header img
Manfaat daun sukun (Foto : YouTube/Media Space)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Manfaat daun sukun begitu banyak untuk kesehatan. Daun sukun merupakan tanaman tropis berbentuk pohon bercabang dengan tinggi mencapai 30 meter. Pohon sukun tersebar dari Pulau Jawa sampai ke Papua Nugini.

Mengutip akun Youtube Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), secara tradisional air rebusan daun sukun dilaporkan para ahli dapat menurunkan tekanan darah, menyembuhkan penyakit asma, dan hepar.

Sementara itu, para ahli di negara-negara Barat menyatakan bahwa daun sukun memiliki senyawa prenil flavonoid yang berpotensi sebagai obat diabetes dengan cara menurunkan kadar gula darah.

Zat alami lain yang dapat ditemukan dalam daun sukun adalah asam hidrosianat, tanin, riboflavin dan asetilkolin. Bahan aktif ini berguna untuk melawan penyakit seperti penyakit kardiovaskular.

Untuk menjadikan daun sukun sebagai pengobatan diabetes, Anda bisa mengambil ekstrak daun sukun. Setelah itu, rebus serpihan daun sukun dengan air mendidih 100 derajat.

Setelah dingin, tambahkan madu alami atau gula batu sebagai pemanis dan minum teh ini dua kali sehari selama 10 hari. Manfaat lain dari daun pohon sukun adalah dapat digunakan untuk menurunkan kolesterol.

Untuk menurunkan kolesterol, seseorang harus minum satu cangkir teh sukun setiap hari. Untuk ruam kulit atau gatal-gatal, minum satu cangkir Teh Sukun setiap hari.

Ekstrak daun sukun mengandung kadar air 8.12 persen dan tidak mengandung residu pestisida, organoklorida, serta tidak terdeteksi adanya logam berat serta bakteri patogen, sehingga bisa dijadikan sebagai alternatif obat alami.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut