get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Potret Warung Sayur Kejujuran di Jepang, Dagangan hingga Uang Tidak Ada yang Hilang

Rabu, 15 Februari 2023 | 19:06 WIB
header img
Viral warung sayur kejujuran di Jepang. (Foto: Instagram @infojapani)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Videonya mendadak viral di media sosial tampak sebuah warung sayur yang ada di Jepang  memiliki konsep berbeda dari warung lainnya. Warung tersebut tidak memiliki penjaga dan menerapkan prinsip kejujuran bagi para pembelinya.

Video viral tersebut  diunggah akun Instagram @infojapani memperlihatkan sebuah warung kecil di pinggiran jalan kota Jepang. Warung itu menjual berbagai jenis sayuran dengan harga murah.

Warung tersebut hanya memiliki rak untuk menaruh dagangan. Kemudian terdapat celengan kecil untuk menaruh uang pembeli sesuai harga yang tertera di keranjang.

Di sana dijual brokoli, tomat, sawi putih, labu, timun, dan masih banyak lagi. Selain itu, sayuran tersebut juga sudah dikemas serta dilengkapi dengan harganya.

"Di Jepang itu gak ada warung angkringan, adanya warung kayak gini. Terus isinya cuma sembako doang, kayak sayur-sayuran," ujar perekam video tersebut.

Pembeli hanya perlu memilih dan menaruh uang di celengan yang disediakan. Lalu mengambil barang sejumlah harga yang mereka beli. 

Sontak video viral tersebut telah ditonton sebanyak 5,3 juta kali. Kemudian mendapat 84 ribu tombol suka.

Video tersebut ramai ditanggapi netizen. Banyak yang berpendapat konsep warung sayuran seperti ini tidak cocok jika diterapkan di Indonesia.

"Kalau di Indo laku kok jualannya, tapi kotak uangnya kosong," tulis netizen di kolom komentar.

"Di Indo ada kok, saya pernah kerja di salah satu pabrik Jepang, kantinnya itu nerapin sistem kayak gini, dan selama saya kerja di sana aman, orangnya ambil barang juga sekalian naro uang," komentar netizen.

"Bukti bahwa beragama belum tentu jujur, berakhlak yang baik," ungkap netizen lain.

"Di sini dijamin semuanya hilang, tenda-tenda, terpal, bahkan plastik pun hilang bersih tidak bersisa," komentar netizen lainnya.

"Ada yang jaganya aja bisa hilang, apalagi gak dijagain," pungkas netizen.

Wallahu a'lam bisshawab. 

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut