get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

BNPB Minta Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan Gempa Bumi dengan Buat Alat Deteksi Dini

Minggu, 12 Februari 2023 | 09:27 WIB
header img
Ilustrasi Gempa (Foto: okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Kebanyakan negara termasuk Indonesia sering mengalami gempa bumi. Oleh karena itu, sangat diperlukan upaya untuk mempersiapkan masyarakat agar lebih waspada terhadap ancaman gempa bumi.

Menurut Abdul Muhari yang menjabat sebagai Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan di Badan Nasional Penanggulangan Bencana, masyarakat dapat membuat atau menggunakan perangkat deteksi gempa bumi untuk mempertinggi kewaspadaan mereka.

Menurut Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, tingkah laku masyarakat saat menghadapi gempa di Kota Jayapura harus tetap waspada. Masyarakat tidak perlu terlalu takut atau khawatir, meski gempa masih terus bermunculan beberapa kali. Namun, dapat dipastikan bahwa kekuatannya semakin melemah seiring waktu.

“Terlihat dari data BMKG kekuatannya melemah. Sehingga bapak dan ibu sekalian tidak perlu takut, namun kami minta tetap waspada,” ujar Abdul Muhari, Sabtu (11/2/2023).

Pria yang juga ahli gempa bumi dan tsunami BNPB itu mencontohkan, masyarakat sebenarnya dapat memanfaatkan alat-alat rumah tangga sebagai sistem peringatan dini gempa bumi sederhana, namun tepat guna.

Menurut Muhari, masyarakat dapat membuat peringatan dini gempa bumi dengan memanfaatkan barang-barang yang mudah dijumpai di rumah. Contohnya, dengan menempatkan kaleng dalam tingkatan tertentu.

Artikel ini telah diterbitkan juga di : (https://nasional.okezone.com/read/2023/02/12/337/2763398/bnpb-imbau-masyarakat-buat-alat-deteksi-dini-gempa-bumi-begini-contohnya?page=1)

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut