get app
inews
Aa
Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Lansia Rentan Terjangkit Herpes Zoster

Selasa, 07 Februari 2023 | 15:59 WIB
header img
Lansia Rentan Terjangkit Herpes Zoster (foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Kelompok lanjut usia (lansia) merupakan kelompok yang berisiko mengalami reaktifitas virus Herpes Zoster. Usia lanjut sering disertai komplikasi yang lebih berat, bahkan terjadi penurunan imunitas (immunosenescence). Namun, faktanya hanya sebagian kecil dari populasi lansia yang sudah melakukan vaksinasi untuk mencegahnya. Di Indonesia, usia hidup manusia sudah mencapai 70 tahun. Oleh karena itu, kesehatan usia lanjut perlu diperhatikan.

"Kesehatan di usia lanjut sangat perlu diperhatikan. Karena pada usia lanjut, penyakitnya sangat banyak. Pada usia lanjut ini saat sakit, susah akan sembuh" ujar Ketua Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia (PERGEMI) Prof. Dr. dr. Siti Setiati, SpPD, KGer, FINASIM, saat seminar kesehatan, di The Landmark Building, Jakarta, Rabu (10/12/2014).

Siti menambahkan, penyembuhan untuk usia lanjut lama, karena daya tahan tubuh pada usia lanjut telah menurun. "Selain daya tahan tubuh yang menurun, pada usia lanjut fungsi organ juga ikut menurun, efek pengobatan, terlambat diangnosis" jelasnya. Ia menambahkan, turunnya daya tahan tubuh, fungsi organ yang menurun, efek pengobatan, terlambat diangnosis dapat menyebabkan beberapa infeksi.

"Pada usia lanjut, seringkali terkena infeksi saluran kemih, infeksi kulit, pneumonia bakteri, influenza, infeksi saluran cerna," ujarnya.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut