get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Ini Alasannya Gerai Transmart Milik Chairul Tanjung Banyak yang Tutup

Selasa, 07 Februari 2023 | 13:28 WIB
header img
Kenapa Gerai Transmart Milik Chairul Tanjung Banyak yang Tutup? (Foto: MPI)

JAKARTA,iNewsKarawang.id - Diketahui, Transmart memiliki total 95 gerai di seluruh Indonesia. Namun gerai Transmart milik Chairul Tanjung banyak yang tutup. 

Seperti pada 2022, sebanyak 12 gerai Transmart tutup permanen, terbanyak di wilayah Jakarta dan Batam. 

"Alasan penutupan gerai Transmart karena efek pandemi Covid-19 membuat bisnis ritel terganggu dan mendorong masyarakat jadi malas berbelanja di toko offline,"ungkap Vice President Corporate Communication Transmart Satria Hamid  saat dihubungi MNC Portal Indonesia belum lama ini.

Menurut Satria, yang pasti ini (masalah) serius, bahwa memang kita dihadapkan di masa pandemi itu sendiri. Bisa dibilang biang keroknya lah. "Jadi opsi tutup itu adalah serangkaian opsi terakhir yang kita lakukan untuk sebuah toko," ujarnga.

Bahkan penutupan gerai Transmart sudah sampai ke konsumen Transmart. Terlebih lagi, sebelum tutup permanen, kondisi gerai Transmart di beberapa wilayah sepi ditinggal pengunjung karena dinilai harga produknya terlalu mahal.

"Sampai ada masyarakat yang datang langsung ke saya, juga Japri ke saya, pak Satria tolong ya Transmart di Sartika jangan ditutup soalnya rumah saya dekat di situ," katanya.

Satria melaporkan, sebanyak 12 gerai Transmart tutup sepanjang 2022. Sementara, di tahun 2023 tidak ada laporan penutupan.

"Di 2022 (yang sudah tutup) 12 toko. Beberapa ada di Jakarta dan Batam, terakhir itu. Kalau tahun 2023 belum ada," ungkap Satria.

Dia menambahkan, penutupan permanen gerai ritel yang sudah terjadi ini menjadi pembelajaran perusahaan. Pihak managemen berkomitmen akan lebih cermat dalam melihat faktor-faktor yang menjadi penghambat lambatnya pertumbuhan perusahaan. Sehingga ke depannya, perusahaan bisa lari lebih cepat.

"Masalahnya kan kita ingin lari lebih cepat, jadi kalau kita mau lari cepat tentunya faktor-faktor yang menyebabkan kita menjadi lambat itu harus kita putus. Nah inilah yang kita lakukan. Makanya saya bilang ini jadi pembelajaran," katanya.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut