Logo Network
Network

Masyarakat Antusias Sambut Kirab Cap Go Meh, Bupati Cellica Apresiasi! 

Boby
.
Minggu, 05 Februari 2023 | 20:02 WIB
Masyarakat Antusias Sambut Kirab Cap Go Meh, Bupati Cellica Apresiasi! 
Perayaan Cap Go Meh 2023 Karawang (Foto : iNewskarawang.id/Boby)

KARAWANG,iNewskarawang.id - Kirab Cap Go Meh pada tahun baru Imlek 2574 atau tabun 2023 disambut antusias masyarakat Kabupaten  Karawang. 

Mereka berbondong bondong memadati Jalan Tuparev, Kertabumi, hingga Dewi Sartika, Karawang, Jawa Barat, ingin menyaksikan Kirab Cap Go Meh tersebut pada Minggu (5/2/2023).

Pada kesempatan itu Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mengapresiasi kepada panitia dan masyarakat atas terselenggaranya kirab Cap Go Meh.

"Acara berjalan dengan lancar, aman dan pesertanya seluruh Indonesia," ujar dia.

Cellica berharap budaya yang tercermin pada kirab Cap Go Meh dapat lestari. Selain itu, helatan budaya ini juga dapat memperkenalkan Karawang di kancah nasional.

Pawai Cap Go Meh, kata Cellica, juga terselenggara atas kolaborasi banyak pihak. Baik dari unsur kebudayaan, Pemerintah Daerah hingga lainnya.

"Ini adalah bukti cinta kasih kami kepada masyarakat yang hari ini merayakan Cap Go Meh," kata dia.

Ketua Panitia Kirab Cap Go Meh Yayang Riyadi mengatakan. kali ini ada 50 joli yang diarak. Pesertanya bio atau kelenteng dari berbagai wilayah, dari Tangerang, Bekasi, Cikarang, Indramayu, Palembang, Cirebon, hingga Kalimantan.

Yayang Riyadi mengungkapkan, Kirab Cap Go Meh sudah dilakukan di Karawang sejak 25 tahun yang lalu. Akan tetapi sempat ditiadakan dua tahun atau dua kali karena pandemi Covid-19.

Melalui perayaan Cap Go Meh ini diharapkan persatuan terus terjalin, ekonomi tumbuh, semua masyarakat bisa rukun damai, dan lebih baik lagi di Tahun Kelinci Air ini.

Meski suasana meriah, kata Yayang, panitia memohon maaf lantaran kemacetan di sejumlah titik jalan.

Panitia juga meyiagakan sejumlah ambulan untuk mengantisipasi jika terjadi hal darurat.

Sementara rute pawai dimulai dari Kelenteng Bio Kwan Tee Koen Jalan H Juanda, menuju Jalan Tuparev-Jalan Kertabumi-Jalan Arif Rahman Hakim atau Jalan Niaga kembali lagi ke Jalan Tuparev dan berakhir lagi di Kelenteng Bio Kwan Tee Koen.

Terlihat petugas gabungan juga berjaga di titik-titik sekitar rute kirab. Banyak warga yang berjalan kaki di bundaran Mega Mall hingga memadati Jalan Tuparev dan sekitarnya. Tak ayal, pertokoan sepanjang jalan Tuparev hingga Jalan Ir. H. Juanda menjadi tempat warga duduk-duduk, sembari jajan.

Editor : Faizol Yuhri

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.