get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Menilik Kisah Hidup Pendiri JD.ID Liu Qiangdong

Sabtu, 04 Februari 2023 | 21:06 WIB
header img
Kisah Hidup Pendiri JD.ID Liu Qiangdong (Foto : istimewa)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Menjadi sebuah sorotan banyak orang mengenai siapa pemilik JD(dot)ID. Hal ini terkait Kabar mengejutkan datang dari salah satu e-Commerce asal China akan menutup layanannya pada 31 Maret 2023.

 

JD(dot)ID telah mengumumkan bahwa pihaknya akan berhenti menerima pesanan pada 15 Februari 2023, setelah sebelumnya melakukan rentetan pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada 200 pekerja atau 30 persen total pekerja pada Desember 2022 lalu.

 

Tekait hal tersebut, banyak yang mempertanyakan tentang JD(dot)ID itu punya siapa? Ini dia orangnya.

 

Pendiri perusahaan induk JD(dot)ID (JD(dot)com) sendiri adalah Liu Qiangdong atau Ricard Liu yang lahir pada 10 Maret 1973. Lahir di sebuah desa kecil di wilayah luar Suqian membuat Liu harus bekerja keras demi memendapatkan kehidupan yang lebih baik.

 

Di masa pendidikannya, Liu berhasil mengenyam pendidikan di Universitas Renmin. Setelah lulus pada 1996 ia memulai bisnisnya di bidang ritel dengan bermodalkan uang tabungan.

 

Singkat cerita, bisnis Liu berkembang pesat hingga pada 2004 ia mendirikan JD(dot)com. Bisnisnya dalam bidang e-Commerce pun terus naik hingga ia melebarkan sayap ke pasar lain hingga ke Indonesia.

 

Dari sini lahirlah JD(dot)ID yang merupakan kongsian dari JD(dot)com dengan Provident Capital, sebuah firma ekuitas asal Singapura. Provident Capital sendiri bukanlah perusahaan baru dalam dunia investasi.

 

Perusahaan ini tercatat berinvestasi pada beberapa perusahaan besar di Indonesia, seperti Provident Agro, Tower Bersama Group, Provident Biofuels, Merdeka Copper Gold, dan lain-lain. Tak hanya itu saja, Provident Capital juga turut andil dalam pendanaan putaran perdana Seri F Gojek yang Google, JD.Com, dan Tencent.

 

Salah satu pemilik dari PT Provident Capital Indonesia adalah Winato Kartono yang pernah menduduki daftar 50 orang terkaya di Indonesia versi Forbes pada 2013 dengan total kekayaan sekitar Rp 9 triliun.

 

Sebelum memutuskan untuk mengibarkan bendera putih, JD(dot)ID sebenarnya masuk ke dalam 10 e-commerce terbesar di Indonesia. Demikian jawaban dari pertanyaan JD(dot)ID itu punya siapa. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan Anda.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut