get app
inews
Aa
Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Jika Tinggalkan Timnas Indonesia, Ada 5 Negara yang Bisa Ditangani Shin Tae-yong! Siapa Saja ?

Sabtu, 14 Januari 2023 | 16:38 WIB
header img
Berikut 5 negara yang bisa ditangani Shin Tae-yong jika tinggalkan Timnas Indonesia (Foto: Instagram/@pssi)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Jika tinggalkan Timnas Indonesia, Ada 5 negara yang bisa ditangani Shin Tae-yong. Salah satu di antaranya merupakan negara asal Shin Tae-yong, yaitu Korea Selatan.

Pasalnya nasib Shin Tae-yong saat ini masih dalam evaluasi oleh Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI). Hal itu menyusul kegagalan STY (julukan Shin Tae-yong) membawa Timnas Indonesia final Piala AFF 2022 usai dikalahkan Vietnam (0-2).

Kemungkinan karier Shin Tae-yong tak berlanjut di Timnas Indonesia bisa saja terjadi, meski belum ada keputusan pasti.

Jika itu terjadi, pertanyaannya kemana STY akan berlabuh? Mengenai itu sejumlah negara yang jadi opsi Shin Tae-yong nantinya. Negara mana sajakah?

Berikut 5 negara yang bisa ditangani Shin Tae-yong jika tinggalkan Timnas Indonesia:

1. Korea Selatan

Kemudian di urutan pertama ada Korea Selatan. Ya, seperti diketahui, kursi kepelathan Taeguk Warriors (julukan Timnas Korea Selatan) saat ini masih kosong, usai Paulo Bento resmi pamit undur diri kelar Piala Dunia 2022.

Kosongnya kursi kepelatihan Korea Selatan, mungkin saja bisa disii kembali oleh Shin Tae-yong. Hal itu bisa saja terjadi, mengingat Shin Tae-yong sudah sangat familiar dengan pemain Timnas Korea Selatan.

Hal itu tak terlepas dari pengalaman Shin Tae-yong melatih Son Heung-min dkk kala mentas di Piala Dunia 2018 silam. Meski gagal lolos dari fase grup, Korea Selatan mampu mengejutkan publik dengan menggasak Jerman 2-0 ketika itu.

2. Singapura

Beranjak ke urutan kedua, ada Singapura. Ya, Timnas Singapura rasanya bisa mengambil Shin Tae-yong jika benar-benar tinggalkan Timnas Indonesia.

Meski pelatih mereka saat ini, Takayuki Nishgaya baru baung pada April 2022 silam, sentuhan juru taktik asal Jepang itu belum begitu terlihat. Pasalnya, di Piala AFF 2022, Singapura gagal lolos ke babak semifinal.

Padahal, di edisi sebelumnya, tim berjuluk The Lions itu mampu tembus ke semifinal. Meskipun, Singapura harus gigit jari lantaran dihajar oleh Timnas Indonesia dengan agregat 3-5 di semifinal Piala AFF 2020 silam.

3. Vietnam

Selanjutnya ada Vietnam, negara yang bisa ditangani Shin Tae-yong jika tinggalkan Timnas Indonesia. Tak perlu terkejut dengan masuknya Vietnam ke daftar opsi Shin Tae-yong jika meninggalkan skuad Garuda.

Pasalnya, kursi kepelatihan Timnas Vietnam sudah pasti kosong kelar Piala AFF 2022. Hal itu menyusul mundurnya Park Hang-seo setelah menyelesaikan tugas akhirnya di final Piala AFF 2022 kontra Thailand.

Berasal dari negara yang sama dengan Park Hang-seo, yaitu Korea Selatan, para pemain Vietnam harusnya tak perlu waktu lama untuk beradaptasi, jika Shin Tae-yong tinggalkan Timnas Indonesia. Selain itu, Vietnam pun merupakan salah satu poros sepakbola Asia Tenggara.

4. Kamboja

Selain Filipina, Kamboja juga bisa berkesempatan merasakan tangan dingin Shin Tae-yong. Kiprah Kamboja di Piala AFF 2022 memperlihatkan kualitas Pasukan Angkor (julukan Timnas Kamboja) bisa jadi modal Shin Tae-yong memoles prestasi mereka.

Selain itu, Kamboja sendiri baru ditinggal pelatihnya Keisuke Honda usai gagal lolos ke semifinal Piala AFF 2022. Posisi kepelatihan yang kosong cukup membuka peluang Shin Tae-yong berlabuh ke sana.

5. Filipina

5 negara yang bisa ditangani Shin Tae-yong jika tinggalkan Timnas Indonesia dimulai dari Filipina. Ya, tim berjuluk The Azkals itu bisa saja jadi pelabuhan Shin Tae-yong berikutnya.

Kemungkinan itu muncul, lantaran The Azkals perlu sosok pelatih yang bisa memicu pemainnya untuk tampil lebih menggila lagi. Bisa dibilang, Filipina termasuk tim yang cukup diperhitungkan di Asia Tenggara. Sebab demikian, bukan tak mungkin prestasi Filipina melesat jika suatu saat dilatih oleh Shin Tae-yong

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut