Logo Network
Network

Inikah Pertanda Menang? Rekor Gila Timnas Indonesia di Stadion My Dinh Markas Vietnam

Reinaldy Darius , Okezone
.
Minggu, 08 Januari 2023 | 11:34 WIB
Inikah Pertanda Menang? Rekor Gila Timnas Indonesia di Stadion My Dinh Markas Vietnam
Timnas Indonesia hadapi Vietnam di Stadion My Dinh pada leg kedua semifinal Piala AFF 2022 (Foto: PSSI)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Skuad Garuda – julukan Timnas Indonesia – akan kembali mengunjungi stadion Stadion My Dinh pada leg kedua semifinal Piala AFF 2022.

Diketahui sebelumnya Timnas Indonesia gagal memaksimalkan keuntungan bermain kandang di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jumat 6 Januari 2023. Dalam laga itu, pertandingan berakhir dengan skor imbang tanpa gol.

Kini, nasib mereka bakal ditentukan di Stadion My Dinh, markas Vietnam yang justru memiliki catatan positif untuk Indonesia. Sebab peluang untuk lolos masih sangat terbuka luas untuk tim besutan Shin Tae-yong tersebut.

Timnas Indonesia punya kenangan manis di Stadion My Dinh ketika menghadapi Vietnam pada Piala AFF 2004 silam. Dalam laga tersebut, skuad Garuda sukses menang telak dengan skor 3-0.

Baru 10 tahun kemudian Timnas Indonesia melawat ke Stadion My Dinh lagi dalam pentas Piala AFF. Kali ini pada Piala AFF 2014, Timnas Vietnam selaku tuan rumah tertahan 2-2.

Yang terbaru adalah pada Piala AFF 2016, yang juga terjadi di babak semifinal. Laga itu berakhir imbang 2-2 juga namun Indonesia tetap lolos ke final berkat kemenangan 2-1 di kandang.

Timnas Indonesia memang punya catatan manis di semifinal Piala AFF kontra Vietnam. Sebab, dari dua pertemuan kontra The Golden Star – julukan Timnas Vietnam – di fase ini, Indonesia selalu keluar sebagai tim yang lolos ke final.

Selain pada Piala AFF 2016 tersebut, pertemuan yang satunya lagi terjadi pada edisi 2000. Kala itu, laga dimainkan dalam satu pertemuan saja dan Garuda menang dengan skor 3-2.

Sebagai catatan, pada Piala AFF 2022 ini, Timnas Indonesia tidak harus menang untuk mengamankan tiket ke final. Mereka bisa menyingkirkan Vietnam dengan hanya hasil imbang. Namun dengan syarat, hasil imbang itu tidak dengan skor 0-0.

Jika pertandingan leg kedua berakhir dengan skor 0-0, maka laga akan dilanjutkan ke perpanjangan waktu dan adu penalti. Indonesia bisa lolos dengan hasil imbang 1-1, 2-2 dan seterusnya karena keunggulan gol tandang.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.