Logo Network
Network

Maksimalkan Pelayanan Pasien, RSUD Karawang Gandeng Komunitas Tunarungu

Iqbal Maulana Bachtiar
.
Kamis, 05 Januari 2023 | 09:07 WIB
Maksimalkan Pelayanan Pasien, RSUD Karawang Gandeng Komunitas Tunarungu
RSUD Karawang gandeng Komunitas tunarungu di Karawang dalam upaya mememaksimalkan pelayanan pasien yang membutuhkan perlakukan khusus. (Foto: Iqbal Maulana Bahtiar)

KARAWANG, iNewsKarawang.id - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karawang gandeng Komunitas tunarungu di Karawang dalam upaya mememaksimalkan pelayanan pasien yang membutuhkan perlakukan khusus.

Penandatanganan kerja sama tersebut dilakukan di RSUD Karawang pada Rabu (4/1/2023).

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama RSUD Karawang, Fitra Hergyana mengatakan, tujuan awal melakukan kerjasama tersebut demi menciptakaan kesetaraan antar teman dengan dan teman tuli.

"Jadi memang bahwa kita tidak boleh membedakan dan harus hadir untuk mereka, kita juga sedang memulai untuk dekat dengan mereka. Ke depannya kita juga akan memeberikan pelatihan-pelatihan bahasa isyarat kepada staff kita agar tidak ada kesalahan dalam diagnosis penyakit serta memberikan rasa nyaman kepada pasien yang membutuhkan perlakuan khusus," ujarnya.

Ia juga menyampaikan agar ke depannya dapat diberikan screnning pendengaran sejak bayi dan memberikan edukasi bagi orangtua yang memiliki anak penyandang tunarungu.

"Kalau ada bayi yang terlahir tuli, harus cepat-cepat difasilitasi dengan memberikan akses bahasa, screanning sejak dini," tuturnya. 

Dan Ia juga berharap agar seluruh pelayanan publik dapat menyediakan fasilitas bagi penyandang tunarungu. 

"Sesuatu yang baru dan membawa kemudahan untuk mereka berobat. Tadi juga lihat dokter kalau komunikasinya tidak nyambung kesulitan mencari diagnosanya," pungkasnya.

Editor : Faizol Yuhri

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.