Logo Network
Network

Jayapura Diguncang Gempa Dangkal M4,9, Rumah Sakit dan Hotel Rusak

Arie Dwi Satrio , Okezone
.
Senin, 02 Januari 2023 | 10:04 WIB
Jayapura Diguncang Gempa Dangkal M4,9, Rumah Sakit dan Hotel Rusak
Dampak gempa di Japapura. (Foto: Dok BMKG)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Pada Senin (2/1/2023), pukul 03.24 WIT, Jayapura Papua diguncang gempa berkekuatan Magnitudo 4,9.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami pada Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daryono melalui pesan singkatnya, Senin (2/1/2023) menyebutkan  gempa merusak sejumlah bangunan di Kota Jayapura di antaranya rumah, hotel hingga rumah sakit

Menurut Daryono, guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di Kota dan Kabupaten Jayapura IV-V MMI hingga menimbulkan kerusakan ringan pada beberapa rumah warga.

Berdasarkan hasil analisis dan kajian cepat BMKG, episenter gempa terletak pada koordinat 2.53 LS dan 140.74 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 14 kilometer arah Timur Laut Kota Jayapura, Papua. Adapun kedalaman gempa berada cukup dangkal yakni 10 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi berkedalaman dangkal diduga diakibatkan oleh aktivitas sesar aktif yang melintasi Jayapura," beber Daryono.

Hingga pagi ini, BMKG mencatat telah terjadi 50 gempa susulan dengan magnitudo di bawah 4,9. Warga Jayapura diminta untuk waspada karena gempa susulan masih berpotensi terjadi dalam beberapa jam ke depan.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.