get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Kementerian ATR Soroti Pulau Widi Dilelang : Itu Kawasan Hutan Lindung

Kamis, 29 Desember 2022 | 15:32 WIB
header img
Pulai Widi. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Terkait lelang pulau Widi dengan tujuan mencari investor untuk menggarap potensi ekonomi kembali disoroti Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

"Pulau Widi diperuntukkan sebagai Kawasan Hutan Lindung,"ungkap Direktur Jenderal Tata Ruang, Kemeterian ATR/BPN Gabriel Triwibawa  melalui pernyataan tertulisnya dikutip Kamis (29/12/2022).

Hal tersebut, menurutnya ditinjau dari aspek Rencana Tata Ruang (RTR), baik dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Maluku Utara maupun RTRW Kabupaten Halmahera Selatan.

"Pulau Widi termasuk Kawasan Hutan Lindung. Oleh karena itu, tidak terdapat rencana pemanfaatan ruang selain hutan lindung tersebut," ujarnya. 

Menurutnya, dalam aspek pemanfaatan ruang, semenjak diterbitkannya Undang-Undang Cipta Kerja (UUCK) dan peraturan turunannya, yaitu Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2021 tentang Penyelenggaran Penataan Ruang, pemanfaatan ruang diatur lebih ketat karena harus melalui tahapan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (KKPR).

“Ketika sudah mempunyai lahan, tidak serta-merta dapat memanfaatkannya, karena harus melalui proses penerbitan KKPR untuk ditindaklanjuti dengan Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) dan Persetujuan Lingkungan (PL)” lanjut Gabriel.

Sebagai informasi, belakangan ini ramai menjadi perbincangan tentang kepulauan Indonesia yang dipasarkan melalui platform jual-beli asing.

Pulau Widi pun jadi 1 dari puluhan pulau yang di-posting pada platform yang sama

Pulau Widi juga bukan yang pertama, bahkan beberapa pulau sudah laku dijual.

Misalnya Pulau Punggu yang terletak tidak jauh dari pulau komodo, pulau tersebut dipasarkan melalui situs Skyproperty.org dengan harga USD11 juta atau setara Rp156 miliar (kurs saat ini: Rp15.678/USD).

Kemudian beberapa Kepulauan Mentawai. Setidaknya terdapat 3 pulau di kepulauan Mentawai yang juga dijual melalui platform yang sama dengan kepulauan Widi.

Adapun tiga pulau tersebut adalah pulau makaroni, pulau Siloinak, dan pulau Kandui.

Pada tahun 2015 ketiga pulau tersebut dijual masing-masing, Pulau Makaroni seluas 14 hektare dan tawarkan senilai USD4 juta, Pulau Siloinak yang memiliki luas 24 hektare di jual USD1,6 juta dan Pulau Kandui.dengan luas 26 hektare dihargai USD 8 juta.

“Posisi masyarakat dan posisi perguruan tinggi dapat turut andil dalam mengontrol dan memberikan masukan pengelolaan kedaulatan termasuk Pulau Widi ini. Akan menjadi sebuah langkah yang konstruktif apabila kita berkolaborasi dalam mengawal kedaulatan negara Indonesia” tutupnya

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut